Putri Marino Ungkap Kebaya Favoritnya di Hari Kebaya Nasional 2024

| 23 Jul 2024 18:30
Putri Marino Ungkap Kebaya Favoritnya di Hari Kebaya Nasional 2024
Penampilan Putri Marino di Hari Kebaya Nasional (ERA.id / Adelia Hutasoit)

ERA.id - Hari Kebaya Nasional diperingati tanggal 24 Juli 2024. Menyambut Hari Kebaya Nasional, Putri Marino mengajak generasi muda untuk mengenakan kebaya. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan jenis kebaya yang paling disukainya.

Istri Chicco Jerikho ini mengaku model encim adalah jenis kebaya paling disukai. Selain kebaya encim, Putri Marino juga suka mengenakan kebaya kutu baru dan modern. Ketiga jenis model kebaya ini paling disukai oleh Putri Marino.

"Untuk kebaya mungkin, kebaya encim yang aku suka. Emang banyak koleksi yang aku punya di rumah,' ujar Putri Marino dalam acara konferensi pers film pendek 'Kebaya Kala Kini', saat ditemui di Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Selasa (23/7/2024).

"Terus kebaya kutu baru aku suka, kebaya modern aku juga suka yang memang udah di ubah sedikit modern oleh desainernya. Itu yang paling aku suka dan lumayan banyak koleksi aku punya," lanjutnya.

Perempuan berusia 31 tahun ini mengaku sejak lahir dan dibesarkan di Bali. Kebaya sudah menjadi bagian besar dalam hidupnya yang sejak kecil tinggal di Bali. Sebab, dirinya mengikuti upacara adat Bali.

"Untuk kebaya sendiri. Aku tumbuh dan besar di Bali, yang mana kebaya udah jadi bagian besar dalam hidup aku. Aku ingat banget dulu masih kecil sering pulang ke Singaraja, kampungnya mama, ngikutin upacara disana excited milih kebaya apa ya buat upacara hari ini atau besok," jelasnya.

"Kebaya itu udah jadi bagian yang sangat penting, besar. Sering banget di Bali, nenek aku di kampung selalu pakai kebaya. Tidur pun pakai kebaya yang udah lama, adem, pakai kain," tambahnya.

Namun, ibu anak satu ini merasa generasi muda saat ini enggan mengenakan kebaya. Sebab, mereka merasa kebaya terkesan kuno dan lawas. Ia juga miris anak muda yang justru memilih pakaian sesuai tren luar negeri.

"Sekarang lihat mungkin masih banyak generasi kita pakai kebaya, mungkin menganggap pakai kebaya bebannya berat banget atau terlihat lawas banget pakai kebaya," bebernya.

Dalam kesempatan itu, bintang film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga ini mengenakan kebaya putih panjang yang dipadukan dengan celana jeans. Kebaya yang dipakainya motif khas Bali yang menjadi daerah asalnya. Ia mengatakan anak muda bisa mengenakan outfit kebaya sesuai dengan dirinya.

"Kalau kalian nyaman pakai celana jeans bisa pakai celana jeans, bisa pakai sneakers, menjadikan kebaya bagian rutinitas setiap hari. Bisa memberikan kebaya ke generasi selanjutnya," imbuhnya.

"Aku punya anak perempuan, aku harap dia besar bisa melihat perempuan di Indonesia pakai kebaya." tambahnya.

Rekomendasi