Apa Itu Coquette Aesthetic? Simak Asal-usul Trend yang Sedang Viral Ini

| 15 Mar 2024 06:03
Apa Itu Coquette Aesthetic? Simak Asal-usul Trend yang Sedang Viral Ini
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Akhir-akhir ini, marak tren kreator TikTok membuat konten sambil mencantumkan istilah coquette aesthetic. Jika Anda pernah mendengarnya, istilah coquette aesthetic ternyata merujuk kepada gaya berpakaian. Lantas, apa itu coquette aesthetic?

Coquette Aesthetic yaitu tren fashion yang terkesan feminin dan sederhana serta menampilkan ciri khas. Adapun beberapa waktu belakangan ini, tren tersebut menjadi trending viral di TikTok dan mulai menarik perhatian di Instagram. Apakah Anda penasaran seperti apa tren coquette aesthetic yang erat kaitannya dengan feminitas? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Coquette Aesthetic?

Mengutip Wear Next, definisi literal dari estetika coquette yaitu "a flirtatious woman". Coquette aesthetic didefinisikan sebagai perwujudan dari semua hal yang indah, feminin dan mungil (lucu atau kekanak-kanakan). Dalam pengertian lebih lanjut, tren coquette menjadi gaya fashion yang merangkul feminitas dan meromantisasi vintage summer style. Jika Anda melihat estetika ini, bisa jadi pikiran Anda akan langsung berasosiasi dengan hyper-feminity, kecantikan, dan nostalgia.

Pada umumnya, fashion item yang digunakan untuk coquette aesthetic yaitu top atau dress dengan aksen frills, rajutan, renda, rok mini dan korset. Tidak lupa juga dilengkapi dengan sepatu platform Mary Jane heels yang dilengkapi dengan kaus kaki setinggi lutut dan berenda.

Palet warna yang dimanfaatkan pada tren ini didominasi oleh warna-warna pastel dan permen yang manis. Sebagai aksesori, coquette aesthetic mempunyai ciri khas pita rambut, perhiasan emas, klip mutiara, dan kacamata dengan bentuk hati. Makeup yang digunakan pun selalu terlihat lembut, dewy dan natural.

Ilustrasi (Pixabay)

Dari Mana Asal-usul Coquette Style?

Inspirasi coquette style diciptakan dari beberapa periode waktu selama berabad-abad yang lalu, dengan menggabungkan tren tradisional dan modern secara bersama-sama. Lebih tepatnya, asal-usul ide untuk tren ini berasal dari estetika lain seperti baletcore dan royalcore. Untuk referensi dari gaya ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana karakter Cassie dalam serial Euphoria dengan style yang feminin dan soft.

Di Indonesia, sudah ada beberapa selebgram yang menggunakan coquette aesthetic sebagai style fashion yang mereka jadikan sebagai bagian dari personal branding. Misalnya, selebgram berhijab Astri Ratnasari yang tidak jarang membagikan inspirasi OOTD ala coquette style di akun Instagramnya.

Coquette Aesthetic Masa Kini

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan coquette aesthetic dan tren fashion coquette style pada saat ini juga sudah bergeser. Saat ini, Gen-Z sudah membersihkan image “flirtatious woman” dalam tren coquette dan disesuaikan dengan OOTD yang simpel tetapi tidak meninggalkan kesan feminin.

Interpretasi atau penafsiran dari coquette aesthetic pada saat ini lebih memfokuskan untuk merangkul feminitas seseorang, lebih inklusif serta dapat memberdayakan perempuan dari sebelumnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi