Fesyen Produk Lokal, Look Global Siap Curi Perhatian di MUFFEST 2021

Tim Editor

MUFFEST (Foto: Instagram/islamicfashioninstitute)

ERA.id - Memasuki tahun ke-6, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) akan diselenggarakan pada 18-21 Februari 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. 

Di tahun 2021 mendatang, MUFFEST mengkampanyekan untuk menggunakan produk lokal demi menguntungkan produsen dalam negeri. Nantinya, MUFFEST 2021 menghadirkan produk-produk lokal yang local-look global. Artinya adalah produk tetap lokal, namun terlihat seperti internasional.

"Kampanye menggunakan produk lokal akan menguntungkan produsen dalam negeri bukan pakaian ethnic Indonesia dan pasarnya tidak berubah banyak. Akan tetapi yang "local-look global" semakin bertambah dan demand," ujar Ali Charisma, National Chairman IFC melalui virtual launching ESSENCE 2020 & MUFFEST 2021 pada Rabu (19/8).

Nantinya pameran akan diselenggarakan langsung di JCC, dan Ali yakin cara ini sangat efektif untuk platform penjualan. Kedepannya, ia berharap semakin baik untuk industri fesyen maupun antar industri.

"Fashion show akan semakin terdevelop dan semakin efektif untuk platform penjualan. Kolaborasi akan menjadikeharusan untuk saat ini dan kedepan baik sesama industri maupun antar industri," kata Ali Charisma.

Nantinya, pameran juga akan memerkan produk fesyen yang paling laris sepanjang 2020. Sama seperti ditahun kemarin, MUFFEST 2021 tetap menghadirkan konsep sustainable. Karena konsep ini menyadari kita betapa pentingnya menyelamatkan lingkungan dari limbah fesyen.

"Mengutamakan produk yang lebih cepat terjual. Sustainable concept menjadi penghasilan baru dan mempunyai nilai branding yang bagus, seasons less collections," tutur Ali Charisma.

Disisi lain, Ali menyadari banyak industri fesyen saat ini harus merintis lagi dari awal akibat pandemi COVID-19. Maka dari itu, MUFFEST mengajak para UKM untuk bersaing dengan sehat di masa-masa sulit ini.

"Banyak memulai usaha baru dan menambah UKM di Indonesia, dan terus bertambah banyak. Kami mengajak temen-teman bersiap-siap  bersaing dengan normal dan sehat kedepannya. Jumlah UKM akan semakin banyak dan produk semakin bersaing. Maka dari itu, MUFFEST tetap bertahan dengan kolaborasi dengan lainnya." jelas Ali Charisma.

Tag: fashion MUFFEST

Bagikan: