Membanggakan! Film Ngeri Ngeri Sedap Terpilih Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2023

| 13 Sep 2022 17:01
Film Ngeri Ngeri Sedap (Instagram/bene_dion)

ERA.id - Film Ngeri Ngeri Sedap terpilih menjadi perwakilan Indonesia ke ajang Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95. Film ini akan masuk dalam kategori Best International Feature Film.

Dilansir dari Antara, pemilihan ini dilakukan oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022, yang diketuai oleh Deddy Mizwar. Komite ini beranggotakan Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Keputusan mereka menetapkan Ngeri Ngeri Sedap sebagai film Indonesia bergenre komedi kedua yang melaju ke Oscar setelah Nagabonar (1986). Dalam pernyataan, pihak komite sudah mempertunjukkan film-film hasil seleksi pada Senin (12/9/2022), dari pagi hingga petang, dan dilanjutkan dengan diskusi para juri.

Komite menyebut bahwa pada sesi tersebut hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi yang tidak bisa hadir. Sementara, ketujuh anggota komite lainnya sepakat untuk menunjuk film Ngeri Ngeri Sedap yang melaju ke Oscar 2023 mendatang.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar dalam pernyataannya.

Sementara itu, berita ini pun sudah sampai kepada sutradara sekaligus penulis skenario Ngeri Ngeri Sedap, Bene Dion Rajagukguk. Ia mengunggah berita tentang filmnya akan berkompetisi di Oscar dan memberikan komentar singkat.

"Film agak laen," tulisnya, pada Selasa (13/9/2022).

Film Ngeri Ngeri Sedap sendiri merupakan film yang berfokus pada kehidupan orang Suku Batak. Film ini dibintangi oleh Boris Bokir, Lolox, Indra Jegel, Gita Bhebhita, Arswendi Nasution, hingga Tika Panggabean.

Rekomendasi