Segera Digelar, Reza Rahadian Ungkap Makna Tema Festival Film Indonesia 2023 hingga Musisi Tamu

| 02 Nov 2023 19:55
Segera Digelar, Reza Rahadian Ungkap Makna Tema Festival Film Indonesia 2023 hingga Musisi Tamu
Konferensi pers FFI 2023 (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan digelar pada 14 November mendatang, di Citra Artpreneur Theater, Jakarta. Pada tahun ini, Festival Film Indonesia mengusung tema 'Citra', yang dinilai memiliki makna tersendiri.

Ketua Komite FFI 2021-2023, Reza Rahadian mengatakan bahwa tema 'Citra' dipilih karena sudah sangat melekat pada acara untuk mengapresiasi sineas perfilman Tanah Air tersebut.

"Kenapa Citra? Kami menganggap kata ini sudah melekat pada Festival Film Indonesia. Tidak hanya menjadi nama piala, tetapi juga apa itu image, bayangan, dan citra itu sendiri," kata Reza Rahadian saat konferensi pers di Kemendikbudristek RI, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Pemilihan tema 'Citra' juga demi menguatkan kembali esesnsi makna kata tersebut untuk perhelatan FFI. Reza juga mengungkap bahwa pihak komite memiliki banyak kampanye untuk pagelaran acara tersebut tahun ini.

Konferensi pers FFI 2023 (Era.ID/Yesica Sitinjak)

"Jadi kami mencoba mengembalikan lagi esensi itu di tahun ketika komite ini, bekerja dengan kata Citra. Banyak sekali materi kampaney yang kami buat untuk fokus ke Piala Citra," jelasnya.

Reza Rahadian juga mengungkap bahwa akan ada penampilan spesial di pagelaran FFI 2023 nanti oleh Iwan Fals dan Rossa. Tak hanya mereka, akan ada musisi lainnya yang turut mengisi acara tersebut.

"Pengisi acara akan ada Iwan Fals dan Rossa, dan ada pengisi lainnya juga," tuturnya.

Tak hanya itu, Reza Rahadian juga membahas mengenai pemilihan nominasi dari FFI. Ia menegaskan bahwa pihak komite FFI bekerja dengan adil dan tidak membeda-bedakan setiap film, karena semua film Indonesia bisa mendaftar untuk berkompetisi.

"FFI tidak pernah mengkotak-kotakan siapa pun. Siapa pun, film apa pun bisa mendaftar asal mengikuti persyaratan. Masalah mereka tereliminasi dalam prosesnya atau tidak ya berbeda lagi," pungkas Reza Rahadian.

Rekomendasi