Debut Prisia Nasution Jadi Sutradara, Film Melukis Luka Hadirkan Trauma Pasca Tragedi 1998

| 30 Jan 2024 14:36
Debut Prisia Nasution Jadi Sutradara, Film Melukis Luka Hadirkan Trauma Pasca Tragedi 1998
Film Melukis Luka (dok. KlikFilm)

ERA.id - Aktris Prisia Nasution memulai debut penyutradaraannya lewat film panjang bergenre drama, Melukis Luka. Sebelum tayang secara resmi di platform nonton streaming, film yang dibintangi oleh Bio One dan Rachel Amanda ini telah tayang di festival film Jakarta World Cinema Week 2023 lalu.

Film ini menyoroti sudut pandang yang jarang tereksplorasi. Hal tersebut yakni kisah tentang luka dan trauma yang dihadapi komunitas Tionghoa-Indonesia setelah peristiwa kelam kerusuhan pada tahun 1998.

Namun, pada keterangan resmi dijelaskan bahwa meski mengambil latar belakang kejadian trgedi 1998, film ini tidak terlalu menghadirkan gambaran yang eksplisit terkait tragedi kelam tersebut. Sebaliknya, melalui karakter Hendrick yang diperankan oleh Bio One, penonton diajak untuk merasakan dampak traumatis secara perlahan. 

Bio One sebagai pemeran utama disebut memberikan penampilan yang luar biasa. Ia memberikan kekuatan emosional pada karakternya dan menghadirkan nuansa yang memikat.

Film ini mengajak penonton untuk merenung tentang dampak sosial dan psikologis dari peristiwa tersebut. Prisia Nasution sebagai sutradara menggambarkan kerentanan dan kekuatan manusia di tengah-tengah trauma.

Dengan menyampaikan pesannya tanpa kekerasan berlebihan, film ini memberikan perhatian khusus pada keberlanjutan perdamaian dan pentingnya mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan. Tak hanya itu, film yang tayang di KlikFilm mulai 26 Januari 2024 ini juga menawarkan pengalaman sinematik yang menggugah perasaan. 

Rekomendasi