Debut Sutradara Film Layar Lebar, Prisia Nasution Angkat Sisa Luka di Glodok

| 19 Oct 2023 21:35
Debut Sutradara Film Layar Lebar, Prisia Nasution Angkat Sisa Luka di Glodok
Prisia Nasution (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Aktris Prisia Nasution melangsungkan debutnya sebagai sutradara layar lebar melalui film berjudul Melukis Luka. Film tersebut dibuat Prisia Nasution karena terinspirasi dengan kehidupan masyarakat di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Prisia Nasution mengaku awalnya jalan-jalan ke Glodok dan menemukan ada luka yang dirasakan masyarakat berumur di kawasan tersebut. Ia pun mencoba mengkulik kisah masa lalu mereka tepatnya saat tahun 1998.

“Kenapa mau bikin film karena hobi jalan-jalan dan melihat di Glodok itu ternyata banyak luka di dalamnya. Banyak rumah dan gedung yang dulunya orang kaya ya tapi sekarang sudah udang. Banyak rumah yang ditinggali orang tua doang. Jadi penasaran apakah berkaitan dengan tragedi masa lalu. Pas nanya mereka nggak mau cerita bukan karena takut menguap masa lalu, tapi karena mereka sudah seberdamai itu,” kata Prisia Nasution saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, pada Kamis (19/10/2023).

Berawal dari ketertarikannya akan kisah di Glodok tersebut akhirnya Prisia Nasution membuat cerita dan menawarkan ke rumah produksi Falcon Pictures. Ia mengaku ingin membuat film mengenai keresahan yang dirasakan di lingkungan.

“Jadi merasa kok ini jauh lebih dalam dari itu ya, apa yang bisa kita gambarin sedikit saja dengan waktu syuting yang sangat singkat, mengangkat Glodok. Terus akhirnya ditawarkan ceritanya, approve juga. Sebenarnya berdasarkan dari itu sih (jadi sutradara). Untuk cita-cita menjadi director belum ke situ dulu, tapi mau mengangkat cerita-cerita yang keresahan juga,” tambahnya.

Bagi Prisia Nasution menjadi aktor dan sutradara dalam sebuah film memiliki kesenangan yang sama saat menjalaninya. Ia mengaku sangat mencintai bekerja di dunia film dan akan mengerahkan seluruh perasaannya apa pun profesi yang dijalani.

“Bedanya sama pemain sebenarnya sama-sama menyenangkan. Aku sangat suka sekali gitu ya di bidang kreatif film, apa pun itu profesinya. Jadi mau itu pemain atau di belakang layar untuk ke situ semuanya 100 persen dituangkan sih,” pungkas Prisia Nasution.

Sementara itu, film Melukis Luka dibintangi oleh Juan Bio One dan Rachel Amanda. Film ini akan tayang di Jakarta World Cinema Week yang digelar di CGV Grand Indonesia, pada 11 sampai 18 November 2023 mendatang.

Rekomendasi