Studio Ghibli Sebut Hayao Miyazaki Belum Siap Pensiun usai Menang Oscar

| 13 Mar 2024 19:00
Studio Ghibli Sebut Hayao Miyazaki Belum Siap Pensiun usai Menang Oscar
Ilustrasi Hayao Miyazaki. (Wikimedia Commons/Luisalvaz)

ERA.id - Animator Jepang Hayao Miyazaki dikabarkan belum siap pensiun setelah animasi terbaru garapan studio Ghibli, The Boy and The Heron menang Piala Oscar. 

Pihak studio Ghibli menyebut Miyazaki agak malu karena sudah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan kembali membuat film karena usianya.

 "Dia menyesal telah mengumumkan pada dunia bahwa ia tak akan membuat film lagi,” kata produser Toshio Suzuki yang juga orang kepercayaan Miyazaki, Rabu (13/3/2024), dikutip dari CNA.

Satu dekade lalu, Miyazaki, animator film Spirited Away, Howl's Moving Castle, Kiki's Delivery Service, dan Ponyo, mengatakan dia pensiun dari dunia film dan The Wind That Rises (2013) akan menjadi film terakhirnya.

Baru-baru ini, Miyazaki yang kini berumur 83 tahun malah dinominasikan untuk Oscar kategori Film Animasi Terbaik pada 2024.

Suzuki mengatakan Miyazaki merayakan kemenangan Oscar secara pribadi di studionya dan tidak menghadiri pesta kemenangan di studio. 

Ketika ditanya mengapa Miyazaki mencukur janggut khasnya, Suzuki menjawab, "Dia tidak ingin terlihat penting."

Menurut Suzuki, Miyazaki menghabiskan waktu menganalisis mengapa film terbaru Ghibli dipilih. Ia bertanya-tanya apakah itu karena referensi Perjanjian Lama dalam alur cerita, yang berpusat pada seorang anak laki-laki yang menghadapi penyakit dan kematian ibunya, dan hubungan yang dia kembangkan dengan seekor burung yang bisa berbicara.

Studio Ghibli tidak melakukan banyak publisitas untuk film tersebut.

"Kami pikir tidak apa-apa membuat sesuatu yang benar-benar kami ingin buat," kata Suzuki.

Rekomendasi