Sutradara Ghibli Isao Takahata Tutup Usai

Tim Editor

Isao Takahata (sumber: http://www.crunchyroll.com)

Jakarta, era.id - Salah satu pendiri Studio Ghibli, ISao Takahata meninggal dunia pada usia 82 tahun di rumah sakit Tokyo. Salah satu karyanya yang paling dikenal adalah Grave of the Fireflies.

Dilansir dari Yahoo Japan, Jumat (6/4/2018), Takahata telah dirawat di rumah sakit karena mengalami sakit jantung, sejak musim panas tahun lalu. Meninggalnya Takahata juga telah dibenarkan oleh Studio Ghibli.

"(Kematian-Nya) Takahata adalah benar, tetapi kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut," kata juru bicara Studio Ghibli, seperti dikutip era.id.

Karier Takahata dimulai sebagai asisten di Toei Animation pada tahun 1959. Di sana, ia bertemu dengan Hayao Miyazaki dan bekerjasama untuk mendirikan Studio Ghibli, bersama Toshio Suzuki.



Sejumlah karya animasi terkenal dari Studio Ghibli buah sentuhan magis dari Takahata sebagai Produser, Sutradara maupun penulis. Setelah memproduksi Nausicaa of the Valley of the Wind pada 1984 dan Castle in the Sky pada 1986.

Takahata mulai menyutradarai animasi berjudul Grave of the Fireflies sebuah film drama tentang perang dunia ke II yang mendapatkan pengakuan dunia.

Tak hanya itu, sejumlah karya menarik lainnya pernah diarahkan oleh Takahata, seperti Only Yesterdays, Pom Poko, My Neighbors the Yamadas, dan The Tale of Princess Kayuga yang sempat mendapatkan nominasi pada Academy Awards.

Tag: isao takahata studio ghibli

Bagikan: