John Saxon, Tandem Bruce Lee di Enter the Dragon, Wafat di Usia 83

| 27 Jul 2020 08:30
John Saxon, Tandem Bruce Lee di <i>Enter the Dragon</i>, Wafat di Usia 83
Bruce Lee dannJohn Saxon dalam film Enter the Dragon (1972)

ERA.id - John Saxon, tandem dan murid aktor laga Bruce Lee, wafat di usia 83 tahun pada Minggu (26/7/2020). Nama Saxon melejit setelah memerankan tokoh Roper di film Enter the Dragon (1973).

Kepopuleran nama John Saxon, utamanya di natara fans bela diri, dibarengi melejitnya nama Bruce Lee di film bela diri tersebut. Lee sendiri wafat beberapa hari sebelum Enter the Dragon dirilis di Hong Kong.

Lahir di Brooklyn, New York sebagai keturunan Italia-Amerika, Saxon juga muncul di tiga franchise film Nightmare on Elm Street yang disutradarai West Craven.

Saxon wafat karena pneumonia di kota Murfreesbore, Tennessee, kata istrinya, Gloria, seperti dikutip dari Hollywood Reporter.

Menerima nominasi atas perannya sebagai bandit Meksiko dan berpasangan dengan Marlon Brando di The Appaloosa (1966), Saxon akan terus dikenang sebagai tokoh Roper, penjudi yang jago bela diri, di film Enter the Dragon yang diproduksi Warner Brothers.

Di Enter the Dragon, Saxon dan Lee diceritakan ikut turnamen bela diri yang diselenggarakan tokoh misterius bernama Han, yang diperankan aktor gaek Hong Kong Shek Kin.

Film tersebut juga menjadi film terakhir yang diselesaikan oleh Bruce Lee. Sang aktor terlibat di film Game of Death, namun, ia baru menyelesaikan setengah bagiannya saat ia meninggal di tahun 1973.

Kemampuan bela diri Saxon, di kehidupan nyata, sangat jauh dari level Bruce Lee, kata sesama aktor Amerika Jim Kelly yang juga berperan di Enter the Dragon. Namun, ia tetap terkenal di kalangan fans bela diri. Saxon sendiri berlatih bela diri dengan Bruce Lee dan mahir dalam olah raga judo dan karate Shotokan.

Beberapa tahun yang lalu, Saxon bercerita tentang kunjungannya ke rumah Bruce Lee saat masih syuting film Enter the Dragon:

"Dia [Bruce Lee] memintaku menunjukkan side kick yang bisa kulakukan. Ankle kakiku agak keseleo, tapi aku tetap melakukannya. Lalu, ia pun juga menunjukkan side kicknya," kata Saxon.

"Ia bergerak sambil membawa kursi. Aku tak tahu apa yang dia lakukan. Tiba-tiba, ia meluncur di depanku, lalu dia melompat dan memukul tungkai kakiku hingga aku terpental ke sisi ruangan itu, dan kursi itu pun terjatuh dan patah. Aku beranjak dan melihat ia sangat khawatir dan terdiam. Aku berkata, 'Tidak apa, aku tidak apa'. Tapi lalu dia menjawab, 'Ya, aku tahu. Tapi itu kursi favoritku.'"

Saxon pernah menikah selama tiga kali. Ia pertama menikah dengan penulis naskah film Mary Ann Murphy. Yang kedua, ia menikahi pramugari dan aktris Elizabeth Saxon. Yang terakhir pada tahun 2008 ia menikahi pembuat kosmetik Gloria Martel. Ia memiliki dua anak, Antonio dan Dolores.

Tags : film
Rekomendasi