Penyebab Kematian Bruce Lee Terbaru, Gara-Gara Banyak Minum Air?

| 23 Nov 2022 15:45
Penyebab Kematian Bruce Lee Terbaru, Gara-Gara Banyak Minum Air?
Bruce Lee (Twitter)

ERA.id - Apakah terlalu banyak air menjadi penyebab kematian Bruce Lee? Legenda seni bela diri yang terkenal dengan ucapannya, “Jadilah air, temanku” tersebut baru-baru ini adalah fakta baru yang diungkapkan  sekelompok spesialis ginjal dari Spanyol.

Artikel ini mengacu pada jurnal penelitian Clinical Kidney Journal edisi Desember 2022 dalam paper yang berjudul “Who killed Bruce Lee? The hyponatraemia hypothesis

Tulisan tersebut menyebut jika "Lee meninggal pada usia 32 tahun di Hong Kong pada 20 Juli 1973, dalam keadaan misterius,"  dan “Sampai sekarang, penyebab kematian Bruce Lee tidak diketahui, meskipun banyak hipotesis telah dikemukakan, dari pembunuhan oleh gangster triad hingga temuan terbaru pada tahun 2018 bahwa dia meninggal karena sengatan panas.”

Terkait dengan publikasi tersebut, manajer Shannon Lee, putri Bruce Lee belum ada komentar.

Apa Penyebab Kematian Bruce Lee?

Misteri kematian Bruce Lee (Twitter)

Pada hari kematian Lee, menurut tulisan di jurnal, dia dan produser Raymond Chow pergi ke rumah Betty Ting Pei dan di mana Lee menghabiskan "beberapa jam sendirian" dengan Pei dan menggunakan mariyuana.

Diketahui, Lee memerankan beberapa adegan dari film yang akan datang. Namun  setelah minum air sekitar pukul 19:30 Lee mengalami sakit kepala dan pusing. Pei lalu memberi pil Equagesic dan Lee pergi ke kamar tidur untuk beristirahat.

Equagesic adalah kombinasi aspirin dan meprobamate. Meprobamate adalah obat anti-kecemasan yang dipasarkan dengan merek Miltown dan Equanil.

Namun dua jam kemudian, Pei menemukan Lee tidak sadarkan diri hingga seorang dokter yang dipanggil mencoba CPR tapi tidak berhasil. Hingga kemudian Lee dikirim ke rumah sakit terdekat di mana dia dinyatakan meninggal.

Kebenaran di Balik Kehidupan dan Kematian Bruce Lee

Berdasarkan laporan Juli 1973 di The Times mengatakan Pei awalnya dengan tegas menyangkal Lee ditemukan di apartemennya. Sementara itu, sumber di perusahaan ambulans bersumpah bahwa mereka telah menjemput aktor tersebut di tempatnya.

Kematian Lee secara resmi dinyatakan sebagai akibat dari edema serebral - pembengkakan otak. Sementara otak manusia normal beratnya sekitar 3 pon, Lee dilaporkan mendekati 3½ pon.

Penulis makalah menawarkan teori mereka tentang apa yang menyebabkan pembengkakan.

"[Kami] berhipotesis bahwa Bruce Lee meninggal karena bentuk khusus dari disfungsi ginjal: ketidakmampuan untuk mengeluarkan air yang cukup untuk mempertahankan homeostasis air .... Hal ini dapat menyebabkan hiponatremia, edema serebral dan kematian dalam beberapa jam jika kelebihan asupan air tidak dicocokkan dengan ekskresi air dalam urin, yang sejalan dengan garis waktu kematian Lee.”

Hiponatremia adalah konsentrasi natrium elektrolit di bawah normal dalam darah. Para penulis mencatat bahwa Lee tampaknya tidak mengkonsumsi cukup air hari itu (enam hingga delapan liter) untuk memicu hiponatremia pada orang normal, tetapi mengutip bukti yang diperoleh dari berbagai buku dan publikasi yang menunjukkan bahwa ia cenderung mengalami kondisi tersebut berdasarkan perilaku tertentu.

Dengan kata lain, penelitian mengatakan Lee telah melakukan banyak hal yang mengacaukan mekanisme keseimbangan air normal dalam tubuhnya, termasuk asupan air kronis yang tinggi dan melakukan diet jus.

Perilaku Lee membuatnya lebih sensitif terhadap hiponatremia, di mana tubuh menahan terlalu banyak air, menyebabkan gejala termasuk mual, sakit kepala, kram, kebingungan, kelelahan, kejang dan dalam kasus yang parah koma akibat pembengkakan otak yang cepat, yang dapat mengakibatkan kematian.

"Fakta bahwa kita 60% ... air tidak melindungi kita dari konsekuensi mematikan dari air minum pada tingkat yang lebih cepat daripada ginjal kita dapat mengeluarkan kelebihan air," penulis makalah menyimpulkan. "Ironisnya, Lee terkenal dengan kutipan 'Be water my friend', tetapi kelebihan air tampaknya telah membunuhnya."

Selain penyebab kematian Bruce Lee , ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi