Berbagai Situs Download Film Diblokir, 21 Layanan Nonton Film Online Ini Harus Dicoba

Tim Editor

Nonton streaming IndoXXI. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Menonton film telah menjadi gaya hidup yang sulit ditinggalkan, terutama oleh kaum muda dan masyarakat ekonomi menengah ke atas. Ada yang menonton film di TV, ada yang lebih puas ketika menonton film di bioskop, ada yang lebih suka nonton film online, ada pula yang lebih memilih menonton film hasil unduhan dari berbagai situs penyedia film di internet. 

Semua cara sah saja dilakukan karena tujuan dari menonton film adalah mendapat hiburan. Namun, belakangan terdapat pengetatan dari pemerintah Indonesia terhadap berbagai situs penyedia film online yang ilegal. Berbagai situs tersebut diblokir sehingga IndoXXI tutup, pun berbagai situs yang lain.

Situs streaming film yang pernah eksis seperti IndoXXI, LK21, Gudangmovie, Movindo21, dan masih banyak yang lainnya. Bisa jadi situs streaming film tersebut masih bisa diakses, hanya saja berganti-ganti domain agar aman dari pemblokiran.

Link yang terbaru sebagai pengganti situs film IndoXXI, ganool, dan LK21 nyatanya sekarang mulai merajai dan beberapa memang sudah legal. Seperti kawanfilm21.org, movieajip.online, nontonfilmdrama.net, lipanmovie.blogspot.com, genflix.co.id dan masih banyak lagi.

Tentunya mendownload film dan menonton film di situs streaming online yang ilegal merupakan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Para penikmat film bajakan akhirnya kelabakan mencari cara untuk tetap bisa menonton film secara gratis. Apalagi ketika masa pandemi seperti sekarang. Jangankan untuk menonton film gratis, menonton film berbayar di bioskop pun tak bisa dilakukan karena masyarakat dituntut untuk tetap di rumah.

Pilihan yang tersedia adalah menunggu film untuk ditayangkan di TV atau menonton film dari penyedia layanan menonton film online yang legal dan berbayar. 

Bagi Anda yang ingin tetap bisa mendapat hiburan dari menonton film, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa situs dan penyedia jasa film streaming, baik yang gratis maupun berbayar, bisa Anda manfaatkan untuk tetap melanjutkan hobi Anda tersebut.

Nonton streaming IndoXXI. (Foto: Istimewa)

 

Jadi, meskti sudah ada banyak situs penyedia film diblokir, seperti IndoXXI, Lk21, Ganool, dan Layarkaca21, Anda masih memiliki kesempatan untuk menonton film di rumah melalui ponsel atau laptop. 

Koleksi yang dimiliki oleh berbagai layanan tersebut juga lengkap. Masing-masing penyedia layanan memiliki keunggulannya masing-masing. Anda tetap bisa menikmati berbagai film dari buatan dalam negeri (Indonesia), Thailand, India, Korea, China, Jepang, hingga film-film buatan negara di luar Asia, seperti Hollywood.

Berbagai genre film bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Jadi, meski streaming movies lk21 dan kawan-kawan tak bisa lagi dilakukan, atau mungkin belum bisa lagi dilakukan, gaya hidup dan hobi menonton film tetap bisa dijalankan.

Streaming Movies Lk21 Terhenti, Berikut Ini Daftar Layanan Nonton Film Online yang Bisa Dicoba 

1. Youtube

Manusia modern mana yang tak tahu  situs ini? Hampir semua pemegang gawai, baik itu ponsel maupun laptop, pasti mengenal YouTube. Hiburan berupa video dan musik bisa dinikmati sepuasnya di situs ini. Berbagai tips dan konten informatif juga bisa ditemukan dengan mudah di YouTube. Dan tentu saja, Anda juga bisa mendapatkan layanan untuk menonton film online di situs ini.

Meski tidak semua film, setidaknya Anda bisa menonton film-film yang telah tersedia secara online. Jika Anda mau mencari dengan lebih teliti dan lebih dalam, Anda akan menemukan channel yang menawarkan berbagai film untuk ditonton secara gratis. Jika Anda menyukai film-film indi, YouTube adalah gudang atau bahkan surga bagi Anda. 

2. HOOQ

HOOQ memberi tawaran berupa layanan streaming TV dan nonton film online sepuasnya, plus tanpa iklan. HOOQ memiliki koleksi film yang sangat lengkap dari berbagai negara dan berbagai genre film. Pengategorian genre tersebut juga akan memudahkan Anda ketika mencari film yang mau ditonton.

Berbicara tentang HOOQ, ini adalah layanan streaming video digital yang merupakan bentuk joint-venture dari beberapa perusahaan, yaitu Sony Pictures, Warner Bros, dan Singtel. 

Baca Juga : Kalah Saing dengan Iflix dan Netflix, HOOQ Pamit dari Indonesia

Meski ini bukan milik Indonesia, Anda yang suka dengan film-film lokal tak perlu khawatir. HOOQ menawarkan banyak pilihan film lokal, baik yang masih baru maupun yang sudah lawas. Selain itu, HOOQ menawarkan film dan serial film yang diproduksi sendiri.

Layanan streaming video, HOOQ. (Foto: Istimewa)

 

Bagi yang ingin menyewa film terbaru, HOOQ juga menyediakan layanan tersebut. Untuk persoalan pembayaran, biaya untuk berlangganan HOOQ bisa dibayarkan melalui potong pulsa, kartu kredit dan debit, electronic voucher, dan bisa juga menggunakan saldo OVO.

3. Viu 

Tempat untuk nonton film online selanjutnya adalah Viu. Ini sangat cocok digunakan oleh Anda uang suka menonton drama Korea atau sering mengikuti perkembangan film-filmnya. Tetapi jangan salah, Viu tidak hanya bisa digunakan untuk menonton drama Korea. Viu juga memiliki koleksi drama dan film Indonesia, Jepang, Thailand, India, dan sebagainya.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Film Seru dari Beragam Genre untuk Ditonton Akhir Pekan Ini

Viu memiliki kategori Viu Originals yang hanya bisa Anda Akses melalui situs dan aplikasi resmi dari Viu. Dengan Viu, Anda bisa menonton berbagai drama dan film menggunakan smartphone dan laptop dengan dan kualitasnya tinggi. 

4. Iflix

Berbagai hiburan menarik seperti nonton film online dan streaming TV bisa didapatkan di Iflix. Untuk mengakses Iflix juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan smartphone, tablet, laptop, bahkan smart TV.

Layanan nonton film Iflix adalah salah satu pilihan tepat ketika Anda mencari layanan streaming film yang praktis. Iflix memiliki banyak program menarik, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Dengan menggunakan Iflix, Anda bisa menemukan berbagai genre film, seperti drama, komedi, romance, horor, aksi, dokumenter, bahkan Anda bisa menemukan anime.

Keunggulan dari Iflix adalah gratisnya biaya langganan nonton film online untuk pelangganan dari sejumlah layanan seluler atau internet. Iflix menawarkan film atau film serial yang diproduksi sendiri, film Indonesia, serial Barat dan serial TV, drama Korea, film India, serta siaran pertandingan sepak bola dan e-sports. Untuk berlangganan, Iflix melayani pembayaran melalui electronic voucher, kartu kredit dan debit, serta potong pulsa.

5. Viki

Situs nonton film online yang tak kalah dari situs yang lain adalah Viki. Ini adalah aplikasi layanan streaming film yang kantornya ada di Amerika Serikat. Viki merupakan anak perusahaan e-commerse raksasa dari Jepang, yaitu Rakuten.

Di Viki terdapat banyak pilihan tontonan, namun fokusnya adalah drama-drama Asia terbaik, seperti drama Korea, drama China, dan drama dari negara lain. Selain itu, dengan Iflix Anda juga bisa menikmati sajian video musik dari berbagai grup K-Pop yang Anda sukai.

6. Catchplay

Jika Anda termasuk jenis orang yang tak ingin ketinggalan kebaruan, Catchplay adalah pilihan yang tepat. Catchplay merupakan aplikasi untuk nonton film online dan berbagai program TV yang paling terbaru (update). Dengan menggunakan layanan itu, Anda tak akan ketinggalan film-film terbaru yang sedang muncul tanpa harus pergi ke bioskop.

Dengan menggunakan layanan ini Anda juga akan mendapatkan film dengan kualitas yang sangat bagus. Jika Anda menggunakan Laptop atau komputer berlayar besar plus perangkat audio yang mumpuni, nonton film online tak kalah seru dibanding menonton di bioskop. 

7. Internet Archive

Jika Anda dari dulu memang lebih suka menonton film tanpa pergi ke bioskop, Internet Archive adalah pilihan yang cocok untuk diambil. Ini adalah situs penyedia film yang legal, namun gratis.

Anda bisa mendapatkan berbagai sajian hiburan, mulai trailer, film pendek, film layar lebar, serta silent film. Berbagai genre film tersedia di Internet Archive. Anda bisa mengunduh film tersebut dalam bentuk torrents. Selain film, Anda juga bisa menikmati berbagai musik dan koleksi buku yang ada.

8. Vidio

Layanan untuk nonton film online selanjutnya adalah Vidio. Ini merupakan aplikasi streaming online terlengkap yang memiliki berbagai tawaran menarik, seperti hiburan, program berita, dan tayangan olahraga. Dengan Vidio, Anda bisa menikmati banyak sekali siaran langsung pertandingan olahraga.

Dan untuk film, koleksi film Vidio sangat lengkap, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Berbagai genre film juga bisa ditemukan di Vidio. Anda juga bisa menikmati berbagai jeni serial drama dari Korea, China, Indonesia, Thailand, dan Jepang. 

9. Genflix

Dengan menggunakan Genflix, Anda bisa nonton film online, baik film dari Indonesia maupun luar negeri secara lengkap. Genflix juga menawarkan layanan streaming berbagai program TV.

Jadi, selain bisa menonton film, Anda juga bisa melakukan live streaming pertandingan sepak bola atau olahraga yang lain. Salah satu keunikan sekaligus kelebihan Genflix adalah memiliki koleksi konten dengan bahasa Jawa dan koleksi anime yang lengkap. Bahkan, Anda bisa mengunduh film-filmnya juga. 

10. MoviesFoundOnline

MoviesFoundOnline adalah situs legal yang menawarkan jasa untuk mengunduh film. Bahkan bukan hanya film, di layanan ini Anda bisa mengunduh siaran program TV, siaran stand up comedy, film indi, film dokumenter, dan hiburan-hiburan yang lain secara gratis.

Tetapi jika Anda ingin nonton film online karena tidak ingin ribet mengunduh, dengan MoviesFoundOnline, hal tersebut juga bisa dilakukan. 

11. Retrovision

Situs penyedia film legal terbaik yang menawarkan film gratis berikutnya adalah Retrovision. Dengan mudah kamu dapat men-download film berdasarkan kategori.

Pasalnya, tampilan situs ini sangat user-friendly. Film diarsipkan ke dalam berbagai kategori populer seperti Petualangan, Komedi, Crime, Kartun, Sci-Fi, Horror, Perang, Drama, dan Western. Jika kamu ingin mencari semua konten di satu tempat, cukup tekan tombol All Film.

12. Krackle

Tak berbeda jauh dengan Internet Archive, Krackle juga merupakan situs untuk mendapatkan film secara gratis. Karena situs ini dimiliki oleh Sony, sebagian besar film yang terdapat di Krackle memiliki hak cipta. Dan tentu saja, Sony memiliki banyak sekali koleksi film yang bagus.

Genre film yang ada di Krackle juga banyak. Anda bisa menemukan berbagai film populer dan acara program TV yang mungkin tidak ada di tempat lain.

13. Open Culture

Situs untuk nonton film online selanjutnya adalah Open Culture. Ini merupakan situs penyedia film yang legal dengan berbagai film berkualitas tinggi dari berbagai negara. Uniknya, Open Culture juga menyediakan kursus online secara gratis, e-books, dan buku audio. Dan yang paling menarik adalah ribuan film bisa diunduh secara gratis.

14. PopcornFlix

Popcornflix merupakan layanan legal yang gratis dengan konten yang lebih populer dan mudah dikenal. Popcornflix menawarkan banyak acara TV, seperti kartun dan film. Ada ribuan film dengan genre film yang bermacam-macam, seperti komedi, aksi, drama, horor, dan sebagainya. Selain itu, PopcornFlix juga memiliki film-film asli dari National Geographic serta film-film dokumenter mengenai alam yang sangat menarik dan edukatif.

PopcornFlix. (Foto: Istimewa)

 

15. Classic Cinema Online

Bagi Anda yang menyukai nonton film online klasik, Classic Cinema Online sangat cocok untuk Anda pilih. Situs ini juga menawarkan fitur pencarian yang bagus sehingga Anda bisa memilih genre dengan mudah.

16. Public Domain Torrents

Di Public Domain Torrents, Anda bisa mengunduh berbagai jenis film dalam bentuk torrent yang memiliki hak cipta dan tentunya legal. Berbagai genre film ada di situs ini, terutama film-film yang lama dan klasik.

17. Hulu

Layanan nonton film online yang lain adalah Hulu. Ini termasuk penyedia film yang legal, namun tidak sepenuhnya gratis. Jika Anda ingin menikmati film di situs ini, anda harus berlangganan terlebih dahulu agar bisa mengakses film dengan sepuasnya. Jika tidak berlangganan (gratis), Anda tetap bisa menikmati film, tetapi dengan konten yang terbatas. 

18. Amazon Prime Video

Perusahaan Amazon memiliki layanan streaming yang diberi nama Amazon Prime Video. Dengan layanan ini Anda bisa nonton film online dengan sepuasnya, baik film biasa maupun seri. Salah satu keunggulan dari Prime Video adalah biaya berlangganan yang sudah meliputi paket Twitch Prime, yaitu layanan untuk streaming game. Jenis kontennya masih kalah jika dibandingkan dengan Netflix. Prime Video belum memiliki film-film Indonesia. Prime Video tidak bisa diakses oleh para pengguna jaringan Telkom group. Selain itu, pembayarannya juga terbatas pada penggunaan kartu kredit.

19. Tubi TV

Jika Anda ingin mendapatkan layanan nonton film online yang legal dan gratis, Anda bisa menggunakan Tubi TV. Syaratnya juga tidak sulit, Anda tidak perlu mendaftar dan membuat akun untuk bisa menikmati berbagai film yang ada. Tubi TV memiliki cukup banyak kategori dan genre film. Terdapat lebih dari 30 kategori film yang ada di situs Tubi TV.

Dari sekian banyak kategori, kategori yang paling sering dicari masyarakat dimiliki oleh Tubi TV, seperti drama, aksi, komedi, horor, komedi, dan sejenisnya. Selain itu, ada pula kategori film keluarga, kids, lifestyle, dan dokumenter. Jika Anda termasuk orang yang hanya menyukai kategori tertentu, mungkin Tubi TV bisa dibilang situs yang terlalu lengkap untuk Anda. 

Tubi TV. (Foto: Istimewa)

 

Sebaliknya, jika Anda adalah orang yang menyukai berbagai jenis film, Tubi TV adalah pilihan yang sangat tepat untuk diambil. Anda akan merasa sangat puas karena berbagai keinginan untuk menonton berbagai genre film bisa dilakukan Tubi TV. Situs Tubi TV bisa diakses menggunakan berbagai gawai, seperti laptop/PC atau ponsel pintar secara gratis. Kekurangan dari Tubi TV adalah yaitu belum memiliki subtitle bahasa Indonesia secara otomatis.

20. We TV

Masih butuh referensi nonton film online lagi? Cobalah We TV. Ini layanan legal penyedia berbagai hiburan berupa tontonan, seperti film, variety show, dan drama. Tampilan We TV cukup menarik karena Anda akan mendapatkan kemudahan untuk memfilter kategori yang diingingkan.

Selain itu, Anda bisa menentukan tingkat kualitas kejernihan video sesuka Anda. Namun, untuk mendapatkan fitur terbaik dari We TV Anda harus membayar. Jika Anda ingin menonton film secara gratis, Anda bisa menonton film yang bukan termasuk paket premium. We TV juga bisa Anda temukan YouTube.

21. Netflix

Kemudian, inilah si “Raja” nonton film online untuk saat ini, Netflix. Jika Anda memang pecinta film, Netflix adalah pilihan yang tepat. Netflix memiliki keunggulan pada konten-konten original yang terus mereka produksi, termasuk serial Netflix, dengan kualitasnya sudah sangat terkenal bagus.

Selain itu, Netflix memiliki sajian konten yang tidak melulu dari Barat, tetapi ada juga film-film yang berasal dari Asia, termasuk Indonesia. Sayangnya, saat ini Netflix sedang tidak terlalu ramah untuk para pengguna Indonesia.

Netflix saat ini tidak dapat diakses menggunakan jaringan Telkomsel dan Indihome karena masih diblokir oleh Telkom. Kelemahan yang lain, proses pembayaran terbatas menggunakan kartu kredit dan bundling dengan jaringan seluler tertentu.

Netflix. (Foto: Istimewa)

 

Tag: film western nonton film nonton film online nonton film gratis nonton film live streaming netflix film indonesia

Bagikan: