Yayan Ruhian Ungkap Cerita Menarik di Balik Layar Film John Wick 3: Parabellum

| 15 Oct 2020 10:17
Yayan Ruhian Ungkap Cerita Menarik di Balik Layar Film John Wick 3: Parabellum
Yayan Ruhian bersama Keanu Reeves (Foto: Istimewa)

ERA.id - Aktor laga asal Indonesia yang melebarkan sayapnya ke kancah internasional, Yayan Ruhian bongkar kondisi di balik layar film John Wick 3: Parabellum. Bocoran ini tak lepas dari aktor utama, Keanu Reeves yang berdialog dalam bahasa Indonesia. 

Keterbatasan bahasa tak menjadi penghalang bagi pria 51 tahun itu. Ia mengaku kemampuan bahasa Inggrisnya sangat terbatas. Namun, Yayan memiliki trik khusus mengatasi masalah itu. 

Bagi Yayan membuat orang lain mengerti bahasanya jadi salah satu kunci dari prinsip hidupnya. Hal ini terbukti nyata dengan penampilan Keanu Reeves yang berbicara bahasa Indonesia di film John Wick 3: Parabellum.

"Kalau bahasa Inggris saya bagus, mungkin seorang John Wick enggak mungkin ngomong bahasa Indonesia," kata Yayan Ruhian lewat video di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, Kamis (14/10/2020).

Seperti yang diketahui, film yang diperankan oleh Keanu Reeves ini memang memiliki dialog dengan bahasa Indonesia yang diucapkan oleh pemeran utama. Di mana Reeves mengucap "sampai jumpaa". Yayan pun membongkar dialog viral itu. 

Menurutnya Chad Stahelski yang tak lain sutradara di balik kesuksesan John Wick 3: Parabellum memintanya untuk berbicara bahasa Indonesia. Yayan pun dibantu oleh Cecep Arif Rahman dalam berdiskusi dialog untuk Reeves. Begitu juga dengan Reeves yang meminta dialog dalam bahasa Indonesia. 

"Saya ngobrol sama Kang Cecep, 'Ya, udah. Sampai jumpa aja', 'Enggak, harus sampai ketemu lagi,' 'Oh, enggak. Itu terlalu formal,' jadi mesti yang mudah diinget," kenang Yayan. 

Perdebatan yang cukup alot itu akhirnya pun disepakati bersama. Reeves pun harus menjalankan latihan sebelum memulai syuting dengan dialog bahasa Indonesia. 

Film John Wick 3: Parabellum bukan yang pertama bagi Yayan Ruhian di kancah Hollywood. Sebelumnya ia sempat membintangi sejumlah film laga lainnya, seperti Star Wars: The Force Awakens, Beyond Skyline, Yakuza Apocalypse, hingga yang terbaru Wira. 

Rekomendasi