Dalami Peran Jadi Penderita Impotent, Mr. P Marthino Lio Sempat Tak Bisa 'Berdiri'

| 05 Nov 2020 20:10
Dalami Peran Jadi Penderita Impotent, Mr. P Marthino Lio Sempat Tak Bisa 'Berdiri'
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Dok. istimewa)

ERA.id - Aktor Tanah Air, Marthino Lio terpilih sebagai pemeran utama di film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Ia diberi kepercayaan untuk memerankan karakter Ajo Kawir, seorang pemuda yang mengalami impotent. 

Pada Kamis (5/11/2020) Palari film resmi mengumumkan dua aktor utama di film garapan Edwin. Mereka adalah Marthino Lio dan Sal Priadi. 

Film yang diangkat dari novel karya Eka Kurniawan ini fokus dengan cerita persahabatan dua pemuda bernama Ajo Kawir dan Tokek, dengan setting waktu pada akhir 80an sampai pertengahan 90an. Film ini mengupas maskulinitas dan relasi kekuasaan yang tumbuh subur di Indonesia pada masanya.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Dok. istimewa)

“Ajo Kawir ini enggak bisa berdiri (burungnya), jadi dia menutupi dirinya. Enggak pernah nangis, bisa tiba-tiba kaya ‘eh mau berantem nih’,” kata Marthino Lio dalam konferensi pers, Kamis (5/11/2020). 

Berperan sebagai Ajo Kawir yang menderita impotent, Lio mengaku sempat mengalami tekanan selama proses syuting berlangsung. Bahkan ia mengaku 'burungnya' (penis) tak berdiri meski di pagi hari sekali pun. 

Menariknya, di film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Marthino mengaku sangat mendalami peran sehingga membuat 'burungnya' benar-banar tak berdiri. 

“Intinya sih waktu selama proses syuting itu, gue pribadi sih ngerasa mungkin gue agak sedikit terlalu dalam dan selama gue nginep di sana, di lokasi, gue enggak bisa ngaceng,” ungkap pemain film Sultan Agung Muda itu. 

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Dok. istimewa)

Ia kemudian melanjutkan, “Bangun tidur juga enggak bisa. Karena emang pressure juga kan, laki-laki kan kalau bangun tidur ngulet itunya berdiri kan, you go to bathroom, buang air kecil dan ini gue enggak (berdiri). Cuma pengen kencing aja tapi tetep tidur,” 

Meski pun mengalami hal yang tak terduga, Lio terbukti sukses mendalami perannya sebagai Ajo Kawir di film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. 

Tolak tawaran film lain demi peran Ajo Kawir

Selama konferensi pers berlangsung, aktor yang masuk ke nominasi pemeran pendukung terbaik di Festival Film Indonesia 2018 ini juga mengungkap beberapa rahasia di kariernya, salah satunya menolak beberapa tawaran film demi peran Ajo Kawir. 

“Aku tuh kalau nerima job base on feel. Ngeliatnya tuh ‘oh ini kayanya enggak sefrekuensi’, berati ya cocoknya di sini ya di sini yang dibelain. Yakin aja maunya yang ini, titik,” kata Lio. 

Padahal menurut pengakuannya saat itu ia juga mendapat tawaran untuk sebuah film. Namun ia yakin dengan peran Ajo Kawir bisa sukses dan diterima oleh masyarakat. 

“Challenge-nya beda, gimana kita narik empati orang,” tutup Lio. 

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas sudah menyelesaikan proses syuting. Rencananya film ini akan ditayangkan pada tahun 2021 mendatang. 

Rekomendasi