Kisah Nyata! Bencana Kapal Selam Paling Memilukan dalam Film Kursk

| 26 Apr 2021 13:14
Kisah Nyata! Bencana Kapal Selam Paling Memilukan dalam Film Kursk
Bangkai Kapal Kursk (wikipedia)

ERA.id - Bangsa Indonesia berduka atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala pada 21 April lalu. Tragedi tersebut menyisakan duka dan perasaan pilu.

Bencana kapal selam Kursk milik Rusia juga pernah terjadi pada Agustus tahun 2000 silam. Tragedi tersebut diangkat ke dalam film layar lebar berjudul Kursk. Film yang tayang pada tahun 2018 ini di bawah arahan Sutradara Thomas Vinterberg bekerja sama dengan penulis Robert Rodat.

Film bergenre action ini, diangkat dari kisah nyata kecelakaan kapal selam Rusia Kursk dan kelalaian pemerintah yang terjadi.

Sinopsis film Kursk

Kisah ini bermula ketika kapal selam militer Kursk K-141 akan memulai pelayaran menuju laut Barents. Letnan Mikhail Averin (Matthias Scoenaerts) ditugaskan menjadi kepala unit turbin kompartemen 7. Kapal selam Kursk ini akan mengikuti latihan militer bersama 30 kapal perang Rusia lainnya.

Dalam perjalanan ke area latihan, Pavel, petugas persenjataan, mencatat bahwa suhu torpedo HTP eksperimental mulai meningkat dengan cepat, dan meminta izin untuk menembakkannya lebih awal karena risiko kebocoran minyak tanah.

Namun, dengan alasan Memerhatikan kedekatan kapal selam dengan zona yang diizinkan dan suhu torpedo yang masih dapat diterima, keluhan tersebut diabaikan, sehingga Saat suhu naik, torpedo meledak, menghancurkan kapal dan membunuh awak ruang senjata.

Akhirnya dari total 118 kru, hanya tersisa 23 kru yang selamat. Mereka bertahan di salah satu kompartemen yang masih layak ditinggali. Para kru penyintas ini bertahan dari dinginnya air laut dengan persediaaan oksigen yang semakin menipis sembari menunggu datangnya tim penyelamat.

Di sisi lain, keluarga dari korban telah mendengar kabar meledaknya kapal selam Kursk, sehingga menimbulkan kegaduhan yang menuntut pemerintah bergerak cepat menemukan kapal yang karam.

Sementara tim penyelamat sendiri justru bergerak lamban dan pemerintah Rusia juga menolak bantuan dari negara lain. Tak kunjung ditemukan, kondisi para kru penyintas semakin memprihatinkan. Bahkan korban tewas bertambah satu orang saat generator oksigen tak sengaja meledak.

Apakah para kru akhirnya bisa diselamatkan? Berikut trailer dari film Kursk (2018).

Rekomendasi