James Cameron Sebut Tragedi OceanGate Mirip dengan Titanic: Ini Benar-benar Nyata

| 23 Jun 2023 17:35
James Cameron Sebut Tragedi OceanGate Mirip dengan Titanic: Ini Benar-benar Nyata
OceanGate (Dok: Istimewa)

ERA.id - Sutradara James Cameron menyebut tragedi OceanGate mirip dengan karamnya kapal Titanic tahun 1912. James mengatakan insiden ini mirip lantaran dua tragedi ini sama-sama pernah diberi peringatan. 

James Cameron menggambarkan para insinyur sudah memberi peringatan kepada perusahaan terkait kapal selam Titan milik OceanGate. Imbauan itu sayangnya tidak diindahkan oleh perusahaan meski para insinyur telah menyurati perusahaan dengan meminta sertifikasi terkait hal itu. 

"Orang-orang di komunitas sangat prihatin dengan kapal selam ini. Sejumlah pemain top dalam komunitas teknik perendaman dalam bahkan menulis surat kepada perusahaan, mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan terlalu eksperimental untuk mengangkut penumpang dan perlu disertifikasi,” kata James, dilansir ABC

Mengenai hal itu, James menyebut kejadian yang menimpa OceanGate mirip dengan apa yang terjadi pada Titanic. Hal ini lantaran kapten kapal tidak mengindahkan peringatan yang sudah disampaikan sebelumnya. 

James pun mengaku miris dengan hal itu. Sebab dua kejadian itu memakan nyawa korban yang tidak bersalah di lokasi kejadian yang sama.

“Bagi kami, ini adalah tragedi yang sangat mirip di mana peringatan tidak diindahkan. Berlangsung di tempat yang persis sama dengan semua penyelaman yang terjadi di seluruh dunia, menurut saya itu sungguh mencengangkan. Ini benar-benar nyata,” ungkapnya. 

The Times memperoleh surat tahun 2018 yang ditulis secara pribadi kepada Stockton Rush, kepala eksekutif OceanGate, yang termasuk di antara mereka yang tewas dalam ledakan itu. Komite kendaraan bawah air berawak di Marine Technology Society menulis kepada Rush, menekankan perlunya tinjauan keselamatan pihak ketiga terhadap kapal selam OceanGate.

"Kekhawatiran kami adalah bahwa pendekatan eksperimental saat ini yang diadopsi oleh OceanGate dapat menghasilkan hasil negatif (dari kecil hingga bencana) yang akan memiliki konsekuensi serius bagi semua orang di industri ini," kata surat itu.

William Kohnen, ketua panitia, mengatakan kepada The Times bahwa OceanGate "mengangkat alis."

Selain itu, pada tahun 2018, David Lochridge, mantan karyawan OceanGate, menggugat perusahaan karena memberhentikannya setelah dia mengibarkan bendera merah keselamatan. David menyebut perusahaan menolak untuk melakukan pengujian desain dari OceanGate. 

David juga tidak setuju dengan ide Rush menjadikan OceanGate sebagai kapal berpenumpang dengan potensi bahaya ekstrem selama perjalanan. 

Rekomendasi