Pilih Tilda Swinton Sebagai Ancient One di Doctor, Stange Kevin Feige Menyesal, Kenapa?

| 21 May 2021 15:20
Pilih Tilda Swinton Sebagai Ancient One di Doctor, Stange Kevin Feige Menyesal, Kenapa?
Kevin Fegie menyesal Pilih Tilda Swinton (Dok: Marvel Studios)

ERA.id - Presiden Marvel Studios Kevin Feige membuat pernyataan mengejutkan tentang Tilda Swinton. Ia mengaku menyesal telah memilih Tilda sebagai karakter Ancient One di Doctor Strange.

Pernyataan ini diakui oleh Kevin Feige saat berbincang dengan Men's Health untuk sampul majalah Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Simu Liu. Feige mengatakan ada keributan yang terjadi saat pemilihan Swinton sebagai mentor Doctor Stange.

Selama pengerjaan film tersebut, ia merasa bahwa karakter Ancient One perlu mengubah sudut pandang dari stereotip Asia oleh banyak orang. Hingga akhirnya Swinton pun memerankan karakter androgini.

Sayangnya keputusan itu justru menjadi bomerang bagi Marvel Studios. Kevin dan tim Doctor Strange dituduh menutupi karakter Asia di film itu.

"Kami pikir kami sangat pintar dan sangat mutakhir. Kami tidak akan melakukan hal klise tentang pria Asia yang keriput, tua, dan bijaksana," kata Fegie. "Tapi itu adalah peringatan untuk mengatakan, 'Tunggu, apakah ada cara lain untuk tidak jatuh ke dalam klise? dan membawa aktor Asia?' Dan jawabannya, tentu saja, adalah ya," lanjutnya.

Fegie dan tim produksi menyadari adanya kesalahan casting dan m=pemilihan Tilda Winston itu. Belum lagi rekasi keras penggemar saat itu membuat Marvel Studios harus memberi pernyataan resmi.

Dalam klarifikasinya, Marvel Studios menyebut The Ancient One bukan dari bagian eksklusif yang dipegang oleh satu karakter. Studio juga memilih untuk menghapus Ancient One sepenuhnya.

"The Ancient One adalah judul yang tidak secara eksklusif dipegang oleh satu karakter, melainkan moniker yang diturunkan dari waktu ke waktu, dan dalam film khusus ini perwujudannya adalah Celtic," kata pernyataan Marvel Studios dikutip Comicbook, Jumat (21/5/2021).

Terkait pemilihan Tilda Swinton, studio menegasakan pihaknya bangga bisa bekerja sama dengannya. Menurutnya Tilda adalah aktirs berbakat yang menggambarkan karakter unik dan kompleks dengan para pemain lainnya.

Sementara itu, Swinton sendiri mengatakan ia sengaja dipilih demi menghindari sterotip rasial yang sangat menyinggung. "Mereka membuat keputusan ini untuk tidak mengabadikan stereotip rasial itu," ungkapnya.

Sekuel film Doctor Strange saat ini dijadwalakan tayang pada 25 Maret 2022. Benedict Cumberbatch kembali berperan sebagai Doctor Strange bersama Rachel McAdams sebagai Dr. Christine Palmer, sorang ahli bedah dan juga pujaan Doctor Strange.

Rekomendasi