MJ Rodriguez Jadi Transgender Wanita Pertama yang Masuk Nominasi Emmy Awards

| 14 Jul 2021 11:59
MJ Rodriguez Jadi Transgender Wanita Pertama yang Masuk Nominasi Emmy Awards
MJ Rodriguez Nominasi Emmy Awards 2021 (Instagram/mjrodriguez7)

ERA.id - Aktris MJ Rodriguez cetak sejarah Emmy Awards setelah masuk ke jajaran nominasi Aktris Utama. Sejarah ini dibuat oleh MJ lantaran ia menjadi wanita transgender pertama yang berhasil menembus nominasi Emmy Awards.

Dalam kategori tersebut, Rodriguez akan bersaing dengan Uzo Aduba (In Treatment), Jurnee Smollett (Lovecraft Country), Olivia Colman (The Crown), Emma Corrin (The Crown), dan juga Elisabeth Moss (The Handmaid's Tale).

Rodriguez terpilih ke jajaran nominasi berkat penampilannya sebagai Blanca Rodriguez-Evangelista di serial drama Pose. Penghargaan tersebut menjadikan Rodriguez sebagai pemain transgender terbuka pertama yang dinominasikan dalam kategori aktris utama di Emmy Awards.

Nominasi Rodriguez datang tujuh tahun setelah Laverne Cox menjadi orang transgender pertama yang pernah dinominasikan untuk akting Emmy dalam kategori Outstanding Guest Actress in a Comedy Series. Sejak saat itu Cox telah dinominasikan tiga kali untuk kategori yang sama.

Presiden dan CEO GLAAD Sarah Kate Ellis menyebut pencalonan Rodriguez sebagai "terobosan bagi wanita transgender di Hollywood, dan pengakuan yang telah lama tertunda untuk penampilannya yang luar biasa selama tiga musim terakhir POSE."

Serial drama terkenal itu dibuat oleh Ryan Murphy, Brad Falchuk, dan Steven Canals ditayangkan perdana di FX pada tahun 2018. Pose mengikuti adegan drag ballroom New York City dalam komunitas LGBTQIA Hitam dan Latin di tengah meningkatnya krisis HIV/AIDS pada 1980-an dan 1990-an.

Dominique Jackson (Elektra), Indya Moore (Angel), Hailie Sahar (Lulu), Dyllón Burnside (Ricky), Angel Bismark Curiel (Lil Papi), Ryan Jamaal Swain (Damon) dan Angelica Ross (Candy) juga menjadi pemeran utama.

Pose juga dinominasikan oleh Emmy dengan sembilan nominasi untuk musim ketiga dan terakhirnya. Serial ini tidak hanya mendapatkan apresiasi lain untuk Outstanding Drama Series, tetapi Billy Porter mendapatkan nominasi ketiga berturut-turut untuk Outstanding Lead Actor in a Drama Series, kategori yang dimenangkannya pada tahun 2019.

Emmy Awards ke-73 akan ditayangkan langsung pada 19 September pukul 8 malam waktu setempat di CBS, dan akan tersedia untuk streaming langsung di Paramount+.

Rekomendasi