Dianggap Rasis dengan Orang Kulit Hitam, Emmy Awards 2021 Tuai Kritik, Tagar #EmmySoWhite Menggema di Twitter

| 20 Sep 2021 18:35
Dianggap Rasis dengan Orang Kulit Hitam, Emmy Awards 2021 Tuai Kritik, Tagar #EmmySoWhite Menggema di Twitter
#EmmySoWhite (instagram/thecrownnetflix)

ERA.id - Penghargaan Emmy Awards 2021 telah sukses diselenggarakan pada Minggu (19/9/2021). Acara yang berlangsung meriah itu sayangnya menuai kritik usai tidak memenangkan satu aktor kulit hitam di kategori utama.

Seperti tahun-tahun sebelumnya penyelenggaraan Emmy Awards dikhususkan sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada para sineas dan juga aktor di industri perfilman. Sayangnya acara tersebut menuai kritik pedas dari sejumlah pihak lantaran dianggap rasis kepada aktor kulit hitam.

Pengguna media sosial ramai-ramai menyuarakan tagar #EmmySoWhite lantaran tidak ada satu pun aktor kulit hitam yang membawa pulang piala utama.  

Preston Mitchum, Direktur Advokasi dan Urusan Pemerintah di The Trevor Project, mentweet, "Jadi kami kembali ke dan akan selalu #EmmysSoWhite,".

"50 persen dari nominasi malam ini adalah orang kulit berwarna dan pemilih Television Academy cukup banyak memilih semua orang kulit putih #EmmysSoWhite #Emmys," cuit @BBran****.

"Saya tahu kita baru setengah jam, tetapi apakah ada orang lain yang merasa bahwa #EmmysSoWhite akan menjadi tren sekitar tengah malam?" kata @jaywwal****.

"Pembawa acara kulit hitam, sandiwara hiburan kulit hitam, penyiar kulit hitam, iklan kulit hitam, jeda musikal kulit hitam, pidato tentang inklusi. Semua Hitam semuanya kecuali pemenang. #Emmys #Emmys2021 #EmmyAwards #EmmysSoWhite," ucap @sages****.

Malam penghargaan Emmy Awards 2021 memang tercatat banyak memenagkan aktor kulit putih di banyak kategori. Apalagi 12 kategori utama yang dihadirkan Emmy tahun ini disapu bersih oleh aktor kulit putih.

The Crown misalnya menominasi kategori drama dengan empat hadiah utama diberikan kepada Gillian Anderson, Tobias Menzies, Josh O'Connor, dan Olivia Colman. Selain itu ada Pose Mj Rodriguez untuk aktris utama dan mendiang Michael K Williams sebagai aktor pendukung.

Aktor kulit hitam juga dikucilkan dalam kategori komedi dengan Jason Sudeikis dari Ted Lasso dan bintang Hack Jean Smart meraih kemenangan untuk kategori utama. Lawan main Sudeikis, Hannah Waddingham dan Brett Goldstein juga turut menang sebagai aktor pendukung.

Sementara itu bintang Satuday Night Live Bowen Yang dan aktris The Flight Attendant Rosie Perez termasuk aktor kulit hitam dinominasikan untuk kategori aktor dan aktris pendukung. Mereka gagal membawa pulang piala Emmy Awards tahun ini.

Selain itu, Mare of Easttown menang besar dalam kategori seri terbatas. Bintang Kate Winslet dan aktor pendukung Evan Peters dan Julianne Nicholson membawa pulang piala, sementara bintang Halston Ewan McGregor mengalahkan Lin-Manuel Miranda dan Leslie Odom Jr. Hamilton, antara lain, dalam aktor utama terbaik di miniseri.

RuPaul adalah salah satu dari sedikit orang kulit berwarna yang membawa pulang piala selama acara. Dia menang untuk program kompetisi yang luar biasa dan menjadi orang kulit berwarna yang paling banyak menerima penghargaan dalam sejarah Emmy dengan 11 kemenangan.

"Terima kasih kepada semua anak-anak kami yang cantik di acara kami dari seluruh dunia. Mereka sangat ramah untuk menceritakan kisah keberanian mereka dan bagaimana menavigasi kehidupan yang sulit ini, bahkan lebih sulit hari ini. Ini untukmu," kata RuPaul saat menerima penghargaan.

Penulis sekaligus sutradara I May Destroy You Michaela Coel berhasil meraih penghargaan untuk penulisan luar biasa dalam mini seri terbatas. Namun untuk kategori penulisan dan penyutradaraan lainnya didominasi oleh pemenang kulit putih, mulai dari Hack, The Crown, dan Last Week Tonight.

Emmy Awards ke-73, yang dipandu oleh Cedric the Entertainer, ditayangkan langsung pukul 20:00 hingga 23:00 waktu setempat di CBS.

Rekomendasi