Mengenal Inspektur Ladusing, Polisi India yang Seragamnya Mirip Baju Satpam di Indonesia

| 02 Feb 2022 15:07
Mengenal Inspektur Ladusing, Polisi India yang Seragamnya Mirip Baju Satpam di Indonesia
Kolase foto Inspektur Ladusing dan satpam

ERA.id - Seragam satpam di Indonesia kini berganti. Dari warna cokelat tua mirip kemeja yang dikenakan polisi, menjadi warna krem, bak polisi kartun India, Inspektur Ladusing.

Warna seragam baru buat satpam ini juga bikin netizen heboh, sebab banyak yang menjadikan keputusan polisi tersebut sebagai candaan dan dikaitkan dengan Ladusing.

Sebenarnya siapa itu Ladusing? Untuk diketahui, Ladusing adalah tokoh kartun dalam film Shiva di ANTV. Ladusing adalah polisi lalu lintas yang bertugas di Kota Vedas.

Ladusing sendiri adalah nama pelesetan dari Lattu Singh atau Ladu Singh. Sejak awal namanya sudah dipelesetkan, begitu juga dengan tugas-tugasnya.

Jika Anda menonton kartun Shiva, maka Ladusing dicitrakan sebagai polisi bertampang lucu yang sering gagal meringkus penjahat.

Sebaliknya, anak kecil bernama Shiva yang kerap menyelesakan tugas yang sebenarnya mesti dikerjakan Ladusing, seperti membasmi penjahat.

Pada intinya, kartun Shiva adalah bentuk kritikan satire terhadap polisi di India. Tentu saja, sineas India tak cuma berani mengkritik lewat kartun.

Dalam beberapa film layar lebar, sineas India juga kerap menciptakan karakter polisi konyol yang kerap diperankan oleh Johnny Lever.

Rekomendasi