8 Makanan Penambah HB Ibu Hamil, Catat Ya Bund!

| 28 Aug 2022 12:55
8 Makanan Penambah HB Ibu Hamil, Catat Ya Bund!
Ibu hamil (unsplash)

ERA.id - Hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah, yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, kadar hemoglobin seorang wanita harus optimal, untuk itu terdapat beberapa makanan penambah HB ibu hamil yang wajib untuk dikonsumsi.

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin ibu hamil, sertakan makanan yang kaya akan vitamin B, vitamin C, zat besi, dan asam folat dalam diet Anda. Berikut adalah daftar makanan yang harus Anda makan untuk meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan.

Rekomendasi Makanan Penambah HB Ibu Hamil

1. Sayuran Berdaun

Sayuran hijau, terutama sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan zat besi wajib disertakan dalam menu makanan ibu hamil. Jika kadar hemoglobin rendah, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari makan makanan kaya zat besi.

sayuran berdaun hijau sumber hb (Unsplash)

Perlu diketahui, zat besi membantu dalam produksi hemoglobin, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah. Beberapa makanan dan herbal kaya zat besi yang bisa Anda makan di antaranya bayam, kangkung, dan brokoli, serta ketumbar, mint, dan fenugreek.

2. Buah dan Kacang Kering

Kurma dan buah ara yang tinggi kandungan zat besi dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin Anda. Beberapa buah dan kacang kering lainnya yang dapat Anda makan setiap hari termasuk kenari, kismis, dan almond juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin Anda selama kehamilan.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dikemas dengan zat besi dan protein. Anda bisa makan kacang-kacangan dengan menambahkannya ke dalam salad atau sup. Selain itu, juga dapat ditambahkan ke roti untuk hasil yang lebih baik. Kacang polong, lentil, dan buncis kaya akan vitamin, mineral, serat, zat besi, dan protein.

4. Asparagus

Asparagus kaya akan zat besi. Anda dapat menikmati secangkir sup asparagus panas jika menginginkan sesuatu yang ringan dan mudah dicerna. Anda juga bisa menambahkan biji wijen ke dalam sup untuk kandungan zat besi yang lebih banyak.

5. Buah Segar

Makan buah-buahan segar seperti delima dan jeruk juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin selama kehamilan. Buah delima sangat kaya akan kandungan zat besi, dan jeruk kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

buah segar dapat menambah kadar HB (Unsplash)

Buah-buahan lain seperti kiwi, persik, jeruk bali, jambu biji juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik dan dapat dianggap meningkatkan kadar hemoglobin dalam kehamilan.

6. Sayuran Kaya Asam Folat

Asam folat adalah jenis Vitamin B dan vitamin yang larut dalam air dan membantu mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan. Vitamin ini berperan penting dalam produksi hemoglobin. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda, Anda bisa makan jagung, pisang, lobak, kecambah, alpukat, selada, okra, dll, karena kaya akan asam folat.

7. Smoothie

Minum smoothie yang terbuat dari apel, bit, dan wortel juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin Anda selama kehamilan.

8. Biji-Bijian

Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa biji yang kaya akan zat besi, seperti biji labu, biji almond, dan biji bunga matahari. Makanan ini dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin Anda selama kehamilan.

Perlu diketahui, saat hamil, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk janin yang sedang berkembang. Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh Anda akan naik 30% – 50%.

Maka Anda harus makan makanan sehat untuk memenuhi kelebihan kebutuhan darah Anda dan untuk memastikan bahwa kadar hemoglobin Anda tetap stabil selama kehamilan.

Selain makanan penambah HB ibu hamil, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi