Bukan karena Gangguan Makhluk Gaib, Ini Penyebab Memar yang Tiba-Tiba Muncul di Paha atau Bagian Tubuh Lainnya

| 03 Sep 2022 21:05
Bukan karena Gangguan Makhluk Gaib, Ini Penyebab Memar yang Tiba-Tiba Muncul di Paha atau Bagian Tubuh Lainnya
Ilustrasi Memar. (Klikdokter.com)

ERA.id - Memar di paha yang muncul tiba-tiba atau bagian tubuh lain tanpa diakibatkan oleh cedera karena benturan merupakan sesuatu yang patut diwaspadai. Namun, gejala ini ternyata bukanlah diakibatkan gangguan makhluk halus seperti yang dipercaya masyarakat selama ini.

Ilustrasi Memar pada Wanita. (Klikdokter.com)

Kira-kira, apa saja penyebab memar yang tiba-tiba muncul itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Kemunculan Memar Secara Tiba-tiba

Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan jika mendapati memar yang muncul tiba-tiba adalah konsultasi dengan dokter. Beberapa hal yang dapat membuat Anda lebih mudah memar, yaitu:

  • Jenis kelamin. Seorang wanita lebih cenderung mudah memar dibandingkan dengan pria.
  • Usia. Orang yang berusia lanjut lebih mudah memar, hal ini disebabkan penipisan kulit dan memiliki lebih sedikit bantalan dari lemak.
  • Riwayat keluarga. Jika terdapat anggota keluarga Anda yang mudah mendapatkan memar, Anda juga mungkin akan mengalami hal yang sama.  

Faktor lain yang bisa mengakibatkan memar di paha tiba-tiba atau bagian tubuh lain bisa juga berhubungan dengan proses pembekuan darah (koagulasi). Salah satu faktor yang terlibat dalam proses ini yaitu trombosit, sel darah yang memiliki peran penting untuk membantu pembekuan darah.

Jika ada sesuatu yang menghalangi keefektifan proses pembekuan, memar dan pendarahan sangat berpotensi terjadi.

Hal itu dapat terjadi karena beberapa hal:

  • Trombosit atau faktor pembekuan lainnya tidak berfungsi dengan semestinya. Trombosit tidak cukup atau faktor pembekuan lain yang diproduksi.
  • Trombosit atau faktor pembekuan tengah dihancurkan.
  • Beberapa komponen pembekuan tidak ada (gangguan perdarahan yang diturunkan).

Lebam tanpa penyebab di kaki merupakan kejadian yang sangat umum dan bisa mudah terjadi. Namun, hal tersebut bukanlah pertanda kondisi kesehatan yang serius.

Penyebab Memar di Kaki yang Potensial

Berikut ini merupakan beberapa penyebab lain kemunculan memar tiba-tiba di kaki, diantaranya:

  1. Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia ataupun multiple myeloma.
  2. Penyakit autoimun, misalnya idiopathic thrombocytopenic purpura dan lupus.
  3. Vaskulitis, peradangan pembuluh darah yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang dengan cara yang tidak disengaja.
  4. Sepsis, reaksi ekstrem dan mengancam jiwa oleh tubuh terhadap infeksi.
  5. Konsumsi alkohol secara berlebihan.
  6. Konsumsi obat yang memberikan efek samping, seperti aspirin dan pengencer darah.
  7. Konsumsi suplemen yang mengandung ginkgo biloba, bawang putih, dan minyak ikan. Defisiensi vitamin K dan vitamin C.
  8. Kelainan perdarahan bawaan, seperti hemofilia dan penyakit von Willebrand.
  9. Penyakit hati.

Lebam tanpa sebab bisa juga diakibatkan oleh Bernard Soulier syndrome, atau kelainan pembekuan darah bawaan yang cukup langka.

Sindrom lain yang dapat mengakibatkan memar yaitu Gardner-Diamond syndrome, kondisi ini menjadikan memar terasa lebih menyakitkan dan kerap terjadi di lengan, kaki, atau wajah. Keadaan ini pada umumnya terjadi pada wanita yang mempunyai permasalahan kesehatan mental.

Penting juga untuk dipahami, memar tiba-tiba di paha atau bagian tubuh lain juga dapat diakibatkan oleh benturan atau faktor kekerasan. Jika Anda memiliki kecurigaan adanya kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap anak, atau kekerasan terhadap orang tua, hendaknya segera laporkan pada pihak berwajib.

Waktu yang Tepat untuk konsultasi ke Dokter

Walaupun memar sering kali tidak berbahaya, terkadang hal ini memberikan indikasi kondisi yang membutuhkan perawatan medis. Konsultasi dengan dokter harus segera dilakukan jika:

  1. Terjadi memar tanpa alasan yang jelas dan dalam beberapa minggu tidak sembuh. Memar muncul di lokasi yang tidak biasa, misalnya punggung, atau wajah.
  2. Memar timbul berulang kali.
  3. Menyebar di berbagai bagian tubuh.
  4. Muncul dengan gejala lain, misalnya kelelahan, mual, atau suhu tubuh tinggi.

Konsultasi dengan dokter juga harus dilakukan apabila terjadi perubahan warna pada memar. Bisa jadi terdapat masalah pembekuan darah atau kondisi mendasar lainnya yang membutuhkan perawatan khusus.

Demikianlah penjelasan mengenai memar yang bisa muncul tiba-tiba pada anggota tubuh beserta gejala dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi