Melancarkan BAB hingga Obat Diare, Ini Manfaat Air Tajin yang Jarang Diketahui

| 10 Sep 2022 15:05
Melancarkan BAB hingga Obat Diare, Ini Manfaat Air Tajin yang Jarang Diketahui
Air beras atau tajin (Unsplash)

ERA.id - Nasi merupakan makanan pokok di berbagai daerah di tanah air, bahkan di seluruh dunia. Namun tahukah Eramania jika air beras atau tajin ternyata memiliki banyak kegunaan. Artikel ini akan membahas manfaat air tajin untuk lambung yang harus kalian ketahui.

Air beras menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang sampai sekarang kurang dieksplorasi. Air beras adalah air sisa setelah merendam atau menanak nasi.

Diketahui, dalam air tajin mengandung sejumlah asam amino sehat, vitamin, mineral dan antioksidan yang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi tubuh.

4 Manfaat Air Tajin untuk Lambung

1. Membantu Proses Pencernaan

Para ahli merekomendasikan minum air beras untuk mengobati penyakit pencernaan seperti keracunan makanan, diare dan bahkan gangguan pencernaan. Kanji adalah minuman tradisional yang telah ada sejak lama.

Pada masa lalu, anak-anak terus-menerus diberi air tajin ketika mereka tidak sehat atau ketika menderita diare. Berdasarkan studi, air beras ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral serta probiotik yang penting untuk kesehatan usus.

2. Melancarkan BAB

Karena beras kaya akan serat, maka dapat memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, zat pati dalam beras dapat  merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut dan membantu gerakan usus yang sehat.

3. Obat Diare

Selain mampu mengobati  infeksi virus, air beras bermanfaat untuk mengatasi diare tidak hanya untuk orang dewasa namun juga untuk bayi. Diare dapat menyebabkan dehidrasi parah sehingga nasi sangat efektif untuk mengendalikannya.

4. Mengobati Penyakit Perut

Memasukkan air beras dalam diet Anda memiliki manfaat yang lebih. Tajin juga dapat menyembuhkan sejumlah penyakit seperti infeksi lambung, masalah lambung dan mual. Dengan demikian, air tajin dapat meningkatkan kesehatan usus secara drastis.

Air tajin dapat mengobati berbagai keluhan perut (Unsplash)

Beras mengandung karbohidrat, beberapa di antaranya berkembang biak ke dalam air yang direbus atau direndam. Ini membantu mengisi kembali tingkat energi tubuh dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Air tajin mengandung sejumlah karbohidrat di dalamnya yang memberi energi pada tubuh. Di banyak negara orang-orang memulai hari mereka dengan air tajin di pagi hari setelah puasa semalaman.

Tips Menggunakan Air Tajin

Saat Anda menggunakan air beras, Anda berarti menggunakan hasil sampingan dari nasi yang matang dan tidak merusak alam. Hal tersebut lantaran jika menggunakan air tajin sebagai ganti kosmetik akan menyelamatkan bumi dari lebih banyak racun dan limbah beracun.

Selain konsumsi air tajin Anda juga harus tetap menjaga pola hidup (unsplash)

Apabila Anda benar-benar memasak untuk beberapa orang, jangan buang air bekas cucian beras. Hal tersebut lantaran Anda bisa menyimpannya di ember dan menggunakannya untuk memandikan tubuh.

Selain itu,  air beras juga murah dan hampir tidak ada harganya! Alih-alih memilih serum dan toner yang dibeli di toko mahal, gunakan saja produk DIY yang sangat terjangkau. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi mengotori rak kamar mandi Anda.

Meskipun demikian air beras bukanlah obat ajaib, tetapi memiliki proses penyembuhan yang lambat. Meskipun Anda akan melihat manfaat nyata menggunakannya selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, untuk menuai manfaat nyata berarti membuat perubahan gaya hidup.

Selain manfaat air tajin untuk lambung, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi