Posisi Tidur untuk Melancarkan BAB? Simak Ulasannya di Sini

| 29 Jul 2023 20:10
Posisi Tidur untuk Melancarkan BAB? Simak Ulasannya di Sini
Ilustrasi BAB (Freepik/jcomp)

ERA.id - Tahukah Anda, posisi tidur yang kita lakukan setiap malamnya ternyata tidak hanya membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri yang mengganggu ataupun membuat tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas. Sebab, tidur dalam posisi tertentu juga bisa membantu untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit kronis. Lantas bagaimana posisi tidur untuk melancarkan BAB? Simak ulasan di bawah ini.

Seorang ahli gizi bernama Pooja Makhija, pernah mengunggah pendapatnya di media sosial untuk berbagi bagaimana cara mengatasi sembelit yang persisten dengan sederhana dan efektif.

Posisi Tidur untuk Melancarkan BAB

Sebelum mengetahui posisi tidur yang dapat melancarkan BAB, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan konstipasi kronis. Konstipasi kronis adalah buang air besar yang tidak teratur atau kesulitan buang air besar yang dialami seseorang selama beberapa minggu bahkan lebih. 

Anda disebut mengalami konstipasi jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Jika saat ini Anda sedang memiliki masalah dengan pencernaan dan kesulitan dalam buang air besar, Anda dapat melakukan cara yang direkomendasikan ini.

Ilustrasi miring ke arah kiri (Pexels/cottonbro)

Untuk menghilangkan sembelit, Makhija menyarankan kita untuk mengambil posisi tidur miring dan menjelaskan cara kerjanya pada unggahan di media sosialnya.  Beberapa penelitian juga menjamin manfaat tidur miring khususnya untuk keluhan ini.

“Meskipun tubuh kita sebagian besar simetris di bagian luar, penempatan organ kita di bagian dalam sebagian besar tidak simetris. Oleh sebab itu, tidur miring ke kiri membantu pergerakan feses. Gravitasi mengakibatkan feses berpindah dari kolon asendens ke kolon transversum, dan akhirnya dibuang ke usus besar yang turun," jelas Makhija dalam unggahan video di akun Instagramnya.

Adapun manfaat lain dari posisi tidur miring, menurut Makhija, hal itu juga dapat mengurangi kebiasaan mendengkur Anda.

Perawatan Mandiri untuk Keluhan Sembelit

Selain terbantu dengan posisi tidur miring, tentunya sembelit harus dicegah dengan cara memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika sudah terkena keluhan sembelit, Anda dapat melakukan perawatan mandiri seperti berikut:

  • Menjalani diet kaya serat, termasuk mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan sereal gandum untuk memenuhi kebutuhan serat.
  • Mengurangi asupan makanan rendah serat, diantaranya seperti keripik, kue, makanan olahan, produk susu dan daging.
  • Hidrasi juga penting dalam penyembuhan sembelit.  Dalam hal ini, tubuh Anda harus mendapatkan banyak asupan cairan.
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Mengelola tingkat stres Anda.
  • Perhatikan isyarat tubuh dan segera laksanakan jika Anda ingin buang air besar.

Demikianlah ulasan tentang posisi tidur untuk melancarkan BAB atau posisi tidur yang dapat mengatasi keluhan sembelit. Selain dengan cara tidur miring ke kiri, tentunya kita juga harus memperhatikan jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya, serta menjaga agar pikiran dan mental kita tetap baik-baik saja.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi