Jamu Pelancar Haid Alami, Gunakan Ramuan Herbal Ini

| 11 Sep 2022 13:11
Jamu Pelancar Haid Alami, Gunakan Ramuan Herbal Ini
Ilustrasi jamu (Unsplash)

ERA.id - Terdapat berbagai merek jamu pelancar haid yang dijual di pasaran. Namun bagi Anda yang ragu dan tidak yakin dengan komposisi bahan yang dipakai serta manfaat bagi kesehatan tubuh, sebaiknya hati-hati dan baca artikel ini hingga selesai.

Terdapat berbagai gangguan menstruasi yang paling umum di antaranya amenore, dismenore, dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Jamu yang digunakan orang di seluruh dunia untuk mengobati gangguan menstruasi tentu pasti berjumlah ratusan.

Namun terdapat beberapa jamu yang kini direkomendasikan dan diakui oleh ahli herbal Barat, apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Chaste tree (Pohon suci)

Selama lebih dari 2.500 tahun, pohon suci telah digunakan untuk mengobati gangguan menstruasi. Bahkan Hippocrates (460-377 SM) menulis, "Jika darah mengalir dari rahim, biarkan wanita itu minum anggur hitam dimana daun pohon suci telah direndam."

Chaste tree (Pinterest)

Selain itu, pohon suci dan buahnya (biji) banyak digunakan untuk aplikasi ginekologi sampai abad kedelapan belas. Meskipun, diabaikan selama dua abad berikutnya, pohon suci mendapat dukungan di tahun 1930-an dan 1940-an oleh seorang dokter Jerman yang merekomendasikannya untuk merangsang aliran susu.

  1. Dong-quai

Dong-quai (Angelica sinensis) adalah ramuan Cina yang paling terkenal untuk masalah ginekologi. Dong-quai umumnya digunakan dalam kombinasi dengan herbal lain. Hal ini diyakini untuk menyelaraskan energi vital (qi) dan menyehatkan darah.

Selain itu, dong quai juga dapat mengembalikan vitalitas. Disebutkan oleh tabib Cina abad pertama Shen Nong Ben Cao Jing, jamu ini sebagai pengobatan untuk infeksi vagina, keputihan, dan kemandulan.

Perlu diketahui, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, dong-quai digunakan dalam resep untuk menstruasi dan anemia yang tidak normal, atau menyakitkan. Selain itu jamu ini juga digunakan untuk mengobati kekurangan darah.

  1. Black Cohosh

Akar black cohosh (Cimicifuga racemosa) sejak lama sudah digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengatasi ketidakteraturan menstruasi dan memudahkan persalinan.

Bahkan penggunaan, black cohosh secara luas diresepkan oleh dokter di Amerika pada abad kesembilan belas dan terdaftar di Farmakope AS untuk merangsang menstruasi dan mengobati dismenore.

Di Jerman, penggunaan black cohosh disetujui untuk digunakan dalam pengobatan PMS, dismenore, dan gejala menopause, terutama hot flashes, yang terjadi ketika produksi estrogen menurun dan LH meningkat.

Sejumlah penelitian juga telah mengkonfirmasi bahwa black cohosh adalah obat penenang ringan dan mengurangi peradangan. Meskipun demikian, masih banyak studi klinis untuk memahami manfaatnya bagi wanita.

  1. Evening Primrose

Minyak evening primrose yang diperoleh dari biji Oenothera biennis biasa digunakan sebagai suplemen makanan untuk menyediakan asam lemak esensial, terutama asam gamma-linolenat.

Evening Primrose Oil (National Institude Health)

Perlu diketahui, gejala PMS diyakini terkait dengan kekurangan asam lemak esensial. Bahkan lebih dari 120 penelitian di lima belas negara telah melaporkan penggunaan minyak biji dalam mengobati ketidakseimbangan dan kelainan asam lemak esensial.

Berdasarkan studi klinis double-blind, menunjukkan bahwa minyak evening primrose secara signifikan mengurangi gejala yang terkait dengan PMS, seperti nyeri payudara, lekas marah, dan perubahan suasana hati.

Kemudian, studi klinis lain menunjukkan perbaikan gejala PMS saat terapi menggunakan ramuan ini. Meskipun demikian, secara statistik dianggap tidak signifikan bila dibandingkan dengan plasebo. Herbalists biasanya merekomendasikan minyak evening primrose tiga sampai enam kapsul per hari dengan makanan sebagai suplemen makanan.

Selain jamu pelancar haid, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi