Mau Gigi Tetap Sehat dan Kuat? Berikut 5 Jenis Vitamin Penting Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

| 17 Sep 2022 15:06
Mau Gigi Tetap Sehat dan Kuat? Berikut 5 Jenis Vitamin Penting Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi
Ilustrasi Perawatan Gigi (Foto: Pixabay)

ERA.id - Bicara mengenai kesehatan gigi dan gusi, tentunya tidak hanya membahas bagaimana menggosok gigi. Selain itu, asupan makanan setiap harinya pun ikut memberi dampak. Ada beberapa nutrisi makanan seperti vitamin untuk gusi dan gigi yang cukup penting dikonsumsi dengan cara rutin.

Sebelum menuju saluran pencernaan, makanan akan diproses oleh barisan gigi terdepan. Gigi juga berperan dalam sistem komunikasi, karena artikulasi yang dikeluarkan dari mulut akan lebih jelas. Namun, gigi yang kurang terawat dapat dilihat dari warna yang kusam atau rusak. Hal ini diakibatkan konsumsi makanan tinggi gula ataupun minuman yang mengandung kafein.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi sebenarnya cukup mudah. Anda cukup memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kadar mineral dan vitamin dalam menu makan yang dipilih harus tercukupi agar kesehatan gigi dapat tercapai dengan optimal.

Jenis Mineral dan Vitamin untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Lantas, apa saja jenis mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan gigi dan gusi? Di bawah ini akan dijelaskan 5 jenis nutrisi beserta contoh makanan yang direkomendasikan untuk gigi.

VITAMIN C

Ilustrasi buah untuk kesehatan gigi. (Lisa Fotios/Pexels)

Vitamin C atau asam askorbat merupakan vitamin yang juga berperan penting untuk gigi dan gusi. Kandungan antioksidannya cukup tinggi dan termasuk jenis vitamin yang mampu larut dalam air. Vitamin ini berfungsi untu mencegah pembusukan gigi, gusi berdarah, dan mengatasi persoalan jaringan yang lembut di rongga mulut. Selain itu, vitamin yang bisa ditemukan dalam buah-buahan berwarna cerah ini juga dapat menjaga kekuatan tulang, kartilago, dan gigi.

Sedangkan untuk tubuh, vitamin C berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, membantu pembentukan kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka, memudahkan penyerapan zat besi, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Tanpa asupan vitamin C yang cukup, seseorang akan berpotensi mengalami penyakit gusi dan longgarnya susunan gigi-gigi yang semakin besar.

Sumber vitamin C dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi buah-buahan seperti aneka jenis jeruk, jambu biji, kiwi, nanas, lemon, tomat, stroberi, dan belimbing. Alternatif lainnya, Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, paprika, cabai, kentang manis, dll.

VITAMIN A

Vitamin A atau retinol merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Untuk kesehatan gigi dan mulut, vitamin A bermanfaat untuk melancarkan produksi saliva dan membersihkan gigi secara alami. Fungsi vitamin yang disebut retinol ini juga dapat dikatakan multitasking sebab menjaga mukosa di dinding mulut agar lebih sehat dan mencegah dari penyakit dan infeksi.

Selanjutnya, vitamin ini juga mengatasi mulut kering dan juga menjaga gigi dari kerusakan yang diakibatkan terlalu tingginya kadar keasaman di mulut.

Sumber vitamin A dapat Anda peroleh dari jenis makanan seperti kentang manis, wortel, hati sapi, ikan, telur, serta udang. Selain itu, aneka produk susu seperti susu, yoghurt, keju, mentega, atau makanan yang difortifikasi vitamin A juga bisa Anda jadikan pilihan.

KALSIUM

Kalsium berperan sebagai mineral dalam tubuh manusia yang menunjang kekuatan pada tulang, gigi, serta rahang. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan dampak buruk, contohnya pengeroposan pada tulang, gigi, sampai masalah gusi. Karena jumlah mineral yang besar inilah, tak heran jika kalsium dapat ditemukan nyaris di seluruh tulang dan gigi. Adapun sumber kalsium antara lain ikan sarden, keju, yoghurt, berbagai produk susu, dan sejenisnya. Pada sayuran, kalsium bisa ditemukan dalam jenis makanan kale, bayam, kacang-kacangan, polong-polongan, dan sayuran hijau.

VITAMIN D

Selain kalsium, vitamin D harus tercukupi agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga kesehatannya. Sebab, vitamin D (kalsiferol) ini mampu memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan ke dalam tubuh.

Tanpa vitamin D, tubuh hanya mampu menyerap 10 hingga 15% kalsium saja. Dampak buruknya, kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan gigi gampang patah atau retak, dan menimbulkan masalah gusi, osteoporosis, hingga gigi keropos.

Sumber vitamin D bisa Anda dapatkan pada berbagai makanan laut yang memiliki kandungan asam lemak tinggi, seperti ikan salmon, makarel, tengiri, dan tuna.

Kandungan vitamin D juga terdapat dalam daging merah, jamur, kacang, kuning telur, hati, alpukat keju, serta makanan yang sudah difortifikasi. Selain melalui makanan, tubuh manusia juga mampu memproduksi vitamin D dengan cara berjemur di luar rumah sebanyak 3 kali seminggu.

Anda sebaiknya berjemur di pagi hari sekitar jam 09.00 untuk menyerap manfaat sinar ultraviolet B matahari. Sedangkan durasi yang aman untuk berjemur paling tidak antara 15 menit hingga 30 menit. Hal ini dilakukan agar level vitamin D yang diperlukan tubuh bisa tercukupi dengan baik.

MAGNESIUM

Mineral jenis ini tidak hanya memiliki peran vital untuk memperbaiki kekuatan gusi, tulang, dan gigi saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seutuhnya. Magnesium berfungsi membantu penyerapan kalsium secara maksimal pada tubuh yang selanjutnya membantu pembentukan lapisan enamel dan struktur gigi yang kokoh.

Anda bisa menemukan sumber magnesium pada bahan makanan alami seperti gandum utuh, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, serta sayuran berdaun hijau.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi