Berapa Batas Aman Konsumsi Gula Per Hari? Simak Penjelasan Berikut..

| 26 Sep 2022 12:15
Ilustrasi gula (unsplash)

ERA.id - Batas konsumsi gula per hari yang aman dikonsumsi bergantung pada total asupan kalori, tingkat aktivitas, dan beberapa faktor lainnya. Namun secara umum, yang terbaik adalah menghindari gula tambahan.

Gula tambahan banyak ditemui pada makanan olahan (Unsplash)

Gula tambahan diketahui tidak mengandung nutrisi yang bermanfaat. Selain itu, makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Perlu diketahui, kelebihan konsumsi gula tambahan dikaitkan dengan berbagai penyakit. Sehingga, kelebihan gula dapat merusak metabolisme Anda dalam jangka panjang.

Segini Batas Konsumsi Gula per Hari

Tapi berapa banyak batas aman konsumsi gula? Bisakah Anda makan sedikit gula setiap hari tanpa membahayakan, atau haruskah Anda menghindarinya sebanyak mungkin?

Sebelum membahas lebih dalam, pertama adalah ketahui pengertian gula tambahan dan gula alami. Sangat penting untuk membedakan antara gula tambahan dan gula yang terjadi secara alami dalam makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Dilansir dari Healtline, makanan pada gula alami mengandung air, serat, dan berbagai mikronutrien. Gula alami benar-benar baik-baik saja, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk gula tambahan.

Gula tambahan adalah bahan utama dalam permen dan banyak makanan olahan, seperti minuman ringan dan makanan yang dipanggang.

Gula tambahan yang paling umum adalah gula meja biasa (sukrosa) dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Untuk mengoptimalkan kesehatan Anda, lakukan yang terbaik untuk menghindari makanan yang mengandung gula tambahan. Bahkan Pedoman Diet untuk di Amerika merekomendasikan untuk membatasi kalori dari gula tambahan hingga kurang dari 10 persen dari total kalori per hari.

Selain itu, ingat bahwa gula tambahan juga dapat mencakup gula alami. Misalnya, jika Anda menambahkan madu ke oatmeal Anda, sehingga oatmeal Anda mengandung tambahan gula dari sumber alami.

Batas Aman Konsumsi Gula Berbeda-Beda

Sayangnya, tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan batas aman konsumsi gula. Beberapa orang mungkin bisa makan banyak gula tanpa membahayakan, sementara yang lain harus menghindarinya sebanyak mungkin.

Menurut American Heart Association (AHA), jumlah maksimum gula tambahan yang harus Anda makan dalam sehari adalah sebagai berikut:

●   Pria: 150 kalori per hari (37,5 gram atau 9 sendok teh)

●   Wanita: 100 kalori per hari (25 gram atau 6 sendok teh)

Sebagai perbandingan, satu kaleng Cola-COla 355 mL mengandung 140 kalori dari gula, sedangkan sebatang Snickers berukuran biasa mengandung 120 kalori dari gula.

Sebaliknya, pedoman diet AS menyarankan orang untuk membatasi asupan mereka hingga kurang dari 10% dari asupan kalori harian mereka. Untuk seseorang yang makan 2.000 kalori per hari, ini sama dengan 50 gram gula, atau sekitar 12,5 sendok teh (10).

Jika Anda sehat dan aktif, rekomendasi konsumsi gula di atas memang masuk akal dan Anda mungkin akan membakar sejumlah kecil gula tanpa menyebabkan kerusakan apa pun.

Namun, poin penting dalam artikel ini yang perlu untuk dicatat adalah Anda tidak perlu tambahan gula dalam makanan.

Selain batas konsumsi gula per hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi