Mengenal Apa Itu Weight Training dan Manfaat yang Didapatkan

| 29 Sep 2022 07:06
Mengenal Apa Itu Weight Training dan Manfaat yang Didapatkan
Ilustrasi weight training (unsplash)

ERA.idWeight training atau latihan beban merupakan salah satu cara terbaik untuk membentuk dan meningkatan massa otot. Namun, sebenarnya apa itu weight training?

Ilustrasi peningkatan massa otot (unsplash)

Dikutip dari buku Dasar-Dasar Latihan Beban (2018) karya Ahmad Nasrulloh dkk., weight training merupakan latihan olahraga yang terencana dan terstruktur menggunakan beban yang tepat dan dilakukan secara bertahap agar otot berkembang menjadi lebih kuat.

Ada banyak manfaat dari weight training yang bisa didapatkan. Jadi, Anda tidak hanya akan mendapatkan massa otot yang lebih besar. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut, dikutip Era dari halodoc.

Berbagai Manfaat Weight Training

1.    Pembentukan dan penguatan otot

Salah satu manfaat utama dari weight training tentu saja otot yang lebih kuat. Meski demikian, Anda perlu meluruskan pikir, sebab otot tidak akan langsung besar seperti para binaragawan. Pola latihan, pola makanan, dan konsistensi dibutuhkan untuk bisa mendapatkan tubuh berotot layaknya binaragawan.

Namun, tanpa tubuh seperti binaragawan pun, otot Anda akan lebih kuat sehingga berbagai aktivitas fisik lebih mudah dilakukan. Selain itu, bentuk tubuh juga terlihat semakin indah karena otot-otot di tubuh terbentuk dengan lebih baik.

2.    Penurunan berat badan

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah weight training. Kalori yang ada di tubuh akan terbakar saat Anda melakukan weight training.

Selama proses latihan, tubuh akan dipacu untuk terus membakar kalori. Durasi, jenis latihan, pola latihan, dan berat beban juga berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai. Anda bisa bertanya kepada trainer atau melihat YouTube untuk mendapatkan pola terbaik dalam penurunan berat badan.

3.    Ketahanan tubuh meningkat

Bukan hanya otot yang semaki kuat saat weight training. Ketahanan tubuh juga akan mengalami peningkatan. Saat melakukan weight training, Anda akan dipacu untuk menggunakan beban yang lebih berat dari waktu ke waktu sehingga ketahanan tubuh ikut meningkat.

4.    Mencegah penurunan massa otot

Massa otot manusia bisa terus menurun seiring bertambahnya usia, bahkan bisa kehilangan massa otot hingga 3—8 persen per 10 tahun. Ini adalah hal yang wajar terjadi. Namun, penurunan massa otot bisa dicegah dengan rutin weight training. Selain itu, tulang juga lebih kuat sehingga kesehatan fisik pada masa tua bisa lebih terjaga.

5.    Kesehatan jantung

Ketika olahraga dilakukan, termasuk weight training, jantung akan terpacu untuk memompa darah. Sirkulasi darah di tubuh menjadi lebih lancar, tekanan darah menurun. Kesehatan jantung pun menjadi lebih terjaga.

6.    Mencegah cedera

Tulang dan jaringan tubuh semakin kuat saat Anda melakukan weight training. Hal ini akan membuat tubuh Anda tidak mudah cedera. Selain itu, pemanasan sebelum weight training juga membuat otot di tubuh semakin lentur.

7.    Fleksibilitas dan keseimbangan meningkat

Otot dan tubuh secara menyeluruh menjadi lebih efisien untuk digerakkan saat Anda rutin melakukan weight training. Penguatan otot yang didapatkan dari weight training juga membuat keseimbangan tubuh lebih terjaga. Otot yang kuat mampu menopah tubuh dengan lebih baik dan kokoh sehingga Anda tidak mudah goyang atau jatuh.

8.    Mengurangi Kecemasan

Ketika Anda mengangkat beban dalam weight training, kepercayaan diri meningkat. Selain itu, hasil yang didapatkan (tubuh yang lebih bagus) membuat Anda tak mudah insecure. Olahraga juga menghasilkan hormon kebahagiaan sehingga Anda bisa lebih terhindar dari kecemasan dan gejala depresi.

Itulah penjelasan dari apa itu weight training dan manfaat yang bisa didapatkan. Pola yang tepat dan konsistensi akan memberikan berbagai dampak positif.

Rekomendasi