Cara Meningkatkan Kualitas ASI agar Bayi Gemuk dan Sehat, Abaikan Dulu Bentuk Tubuh Anda

| 28 Sep 2022 21:32
Cara Meningkatkan Kualitas ASI agar Bayi Gemuk dan Sehat, Abaikan Dulu Bentuk Tubuh Anda
Ilustrasi ibu menyusui (freepik)

ERA.id - Faktor yang mempengaruhi berat badan bayi bukan hanya gen dan berat badan bayi saat lahir. Makanan dari ibu menyusui juga memiliki andil. Terkait hal itu, ada cara meningkatkan kualitas ASI agar bayi gemuk.

Ibu menyusui bisa memilih makanan dengan nutrisi tertentu sehingga hal tersebut berdampak pula pada si buah hati. Yang paling penting adalah makanan sehat dengan gizi seimbang. Makanan bergizi memberikan energi dan membuat tubuh tetap sehat, jadi harus menjadi prioritas.

Makanan yang bergizi tak hanya berdampak positif bagi sang ibu, tetapi juga bayi yang meminum susunya. Itu karena nutrisi makanan yang di makan oleh ibu menyusui akan ada pula di dalam ASI-nya.

Perlu diketahui bahwa bayi gemuk tidak selalu berarti sehat. Bayi gemuk dan sehat adalah hal yang lebih tepat untuk dituju. Hal tersebut bisa dicapai dengan konsumsi makanan sehat pula. Dikutip Era dari laman Prenagen, berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI agar Bayi Gemuk

1. Makanan dengan serat tinggi

Makanan berserat tinggi bisa membantu menjaga kandungan nutrisi serta cadangan energi ibu menyusui. Dengan demikian, ibu menyusui akan tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

Ada cukup banyak pilihan makanan berserat tinggi, beberapa contohnya adalah oatmeal, yoghurt, sereal, dan pisang. Makanan tersebut bisa langsung dimakan, bisa juga diolah terlebih dahulu, misalnya dijadikan smoothie pisang. Perlu diketahui, pisang yang dikonsumsi oleh ibu bisa menambah berat badan bayi yang disusuinya.

2. Lemak sehat dan omega 3

Ibu menyusui tak perlu memikirkan cara untuk mengembalikan berat atau bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Sebaiknya ibu mengonsumsi berbagai makanan agar yang sehat agar kualitas ASI meningkat, misalnya makanan yang mengandung lemak sehat.

Lemak sehat adalah nutrisi yang baik untuk ibu menyusui dan bayinya serta membantu menaikkan berat badan secara berkelanjutan. Selain itu, lemak sehat efektif untuk mencegah sakit jantung dan kanker.

Ibu juga bisa mengonsumsi omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Ibu bisa mendapatkan omega 3 melalui berbagai jenis makanan, misalnya ikan salmon. Selain itu, ikan salmon mengadung DHA yang membantu perkembangan sistem saraf bayi.

3. Buah kering dan kacang-kacangan

Ilustrasi kacang almon (freepik)

Kacang-kacangan, misalnya almon, memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan menambah energi. Selain itu, ibu menyusui bisa mengonsumsi berbagai buah kering, misalnya kismis dan kurma.

4. Sayuran Hijau

Ilustrasi bayam (freepik)

Jelas, sayuran adalah makanan yang memiliki banyak kesehatan, termasuk untuk ibu menyusui dan si bayi. Salah satu jenis yang bagus untuk ibu menyusui dan bayi adalah brokoli dan bayam. Sayuran ini akan menunjang kecerdasan bayi. Selain itu, tingginya asam folat baik untuk sumsum tulang belakang si kecil.

Rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa melancarkan poduksi ASI. Hal tersebut karena sayuran hijau mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, mangan, dan zat besi. Kandungan fitoestrogen yang ada di brokoli juga bermanfaat dalam produksi ASI.

5. Susu khusus

Menambah berat badan bayi melalui ASI juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui. Ibu bisa mengonsumsi susu khusus tersebut secara rutin.

Jika ibu menyusui tidak bisa mencerna susu sapi atau produk susu sapi, cobalah produk susu lain, misalnya susu kambing. Biasakan mengonsumsi susu dalam kondisi hangat sehingga lebih mudah dicerna bersama dengan makanan lain.

6. Vitamin untuk ibu menyusui

Penuhi kebutuhan vitamin ibu menyusui, bisa dari sumber alami ataupun produk vitamin khusus. Sebelum mengonsumsi produk vitamin tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Rekomendasi