10 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bisa Beracun

| 12 Oct 2022 19:00
10 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bisa Beracun
Makanan olahan kentang (Unsplash)

ERA.id - Memang teknologi microwave adalah teman terbaik bagi orang-orang yang malas memasak dan memilih memanaskan ulang makanan. Namun perlu diketahui ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan karena dapat mengganggu kesehatan, berikut ini 10 makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang, apa saja?

Memang lantaran kurangnya waktu atau kemalasan kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan menyimpan makanan dan kemudian memanaskannya kembali pada saat dikonsumsi.

Tetapi bagaimana jika Anda diberi tahu bahwa memanaskan kembali makanan tertentu justru membuatnya beracun? Berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh Anda panaskan kembali.

  1. Kentang

Kentang akan kehilangan nilai gizinya jika dipanaskan kembali. Bahkan jika Anda membiarkan kentang didiamkan pada suhu kamar untuk waktu yang lama, mereka benar-benar dapat menjadi racun dan menyebabkan mual atau penyakit.

  1. Nasi

  2. Beras putih (Unsplash)

Beras (coklat atau putih) jika Anda menyimpannya memang dapat menimbulkan masalah. Beras mentah diketahui mengandung spora yang berubah menjadi bakteri yang dapat bertahan bahkan setelah nasi dimasak. Ketika nasi yang dimasak dibiarkan pada suhu kamar, maka dapat berkembang biak dan dapat menghasilkan racun yang dapat menyebabkan diare dan muntah.

  1. Telur

    Telur (unsplash)

Telur memang makanan pokok pagi dan pembangkit protein, namun memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat membuatnya beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan Anda.

  1. Ayam

    Ayam goreng (unsplash)

Sama seperti jamur, ayam sangat kaya akan protein namun dapat terkena dampak negatif dari pemanasan ulang. Hal tersebut justru dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Jika Anda memang ingin memanaskan kembali ayam yang sudah dimasak, maka Anda bisa melakukannya dengan suhu rendah untuk waktu yang lebih lama. Cara terbaik untuk mengkonsumsi ayam yang disimpan adalah dengan memasukkannya ke dalam salad dingin atau sandwich dingin.

  1. Bayam

    Bayam (unsplash)

Seperti banyak sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya akan nitrat dan zat besi. Ketika dipanaskan kembali, nitrat tersebut dapat berubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui (zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan hidup).

  1. Minyak

Minyak biji anggur, minyak kenari, minyak alpukat, minyak kemiri, dan minyak biji rami semuanya memiliki titik asap yang sangat rendah. Itu sebabnya, ketika Anda memanaskannya kembali minyak akan menjadi tengik. Jadi, hindari menggunakan minyak untuk memasak, memanggang atau menggoreng kembali.

  1. Lobak

Lobak biasanya digunakan untuk membuat sup. Karena mereka juga mengandung nitrat, jika dipanaskan kembali bisa menjadi racun.

  1. Jamur

Jamur kaya akan protein, sehingga mereka harus dikonsumsi pada hari yang sama ketika mereka dimasak. Karena diperkaya dengan protein maka struktur jamur akan berubah saat dipanaskan kembali hal tersebut bisa berbahaya bagi tubuh kita. Saat Anda makan jamur yang dipanaskan kembali, Anda berisiko mengalami masalah pencernaan dan bahkan masalah jantung yang serius.

  1. Buah Bit

Buah bit sama seperti bayam. Mereka mengandung nitrat dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan setelah diubah menjadi nitrit setelah pemanasan ulang.

  1. Seledri

Seledri memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi racun jika Anda memanaskannya kembali. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan. Ketika terlalu banyak nitrit masuk ke dalam tubuh, itu meningkatkan risiko methemoglobinemia. Kondisi ini adalah suatu kondisi di mana nitrit dalam darah Anda berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi, membuat mereka tidak mampu membawa oksigen ke sel-sel hidup Anda. Komplikasi dapat mencakup kejang atau bahkan kematian

Selain 10 makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi