Hati-Hati, 7 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun Jika Dipanaskan Kembali

| 12 Oct 2021 08:06
Hati-Hati, 7 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun Jika Dipanaskan Kembali
Nasi (Foto: Pexels/Pure Punjabi)

ERA.id - Microwave memang menjadi penolong untuk memanaskan ulang makanan kapan saja. Namun, kamu harus tahu bahwa beberapa makanan menjadi hilang nilai gizinya saat dipanaskan kembali terutama dalam oven microwave. Memanaskan memang jadi salah satu cara untuk membuat makanan yang sudah dingin, segar lagi saat disantap.

Sayangnya,  tak semua makanan aman dikonsumsi pasca dipanaskan berulang kali. Selain menurunkan kadar nutrisi, makanan-makanan tersebut bisa beracun dalam tubuhmu. Jadi, sebaiknya kamu membuang sejumlah makanan ini dan jangan dipanaskan kembali. Berikut 7 makanan yang beracun jika dipanaskan ulang, seperti dilansir dari Times of India.

1. Kentang

Kentang (Foto: Pexels/Mateusz Feliksik)
Kentang (Foto: Pexels/Mateusz Feliksik)

Kentang kehilangan nilai gizinya jika dipanaskan kembali. Bahkan jika kamu membiarkan mereka beristirahat pada suhu kamar untuk waktu yang lama, kentang benar-benar dapat menjadi racun dan menyebabkan mual atau penyakit, hingga keracunan makanan.

2. Nasi

Penyimpanan beras merah atau putih secara asal-asalan dapat menimbulkan masalah. Beras mentah mengandung spora yang berubah menjadi bakteri yang dapat bertahan bahkan setelah nasi dimasak. Ketika nasi yang dimasak dibiarkan pada suhu kamar, ini dapat berkembang biak dan dapat menghasilkan racun yang menyebabkan diare hingga muntah-muntah.

3. Telur

Telur (Foto: Pexels/Trang Doan)
Telur (Foto: Pexels/Trang Doan)

Telur biasanya identik sebagai bahan makanan pokok pagi dan pembangkit protein. Sayangnya, jika telur dipanaskan kembali pada suhu tinggi, rupanya menjadi beracun yang menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

4. Ayam

Sama seperti jamur, ayam sangat kaya akan protein, yang terkena dampak negatif dari pemanasan ulang. Hal ini justru dapat menyebabkan masalah pencernaan. Jika memang ingin memanaskan kembali ayam yang sudah dimasak, kamu  bisa melakukannya dengan suhu rendah untuk waktu yang lebih lama. Cara terbaik untuk mengonsumsi ayam yang disimpan adalah dengan memasukkannya ke dalam salad dingin atau sandwich dingin.

5. Bayam

Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)
Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)

Seperti banyak sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya akan nitrat dan zat besi. Ketika dipanaskan kembali, nitrat ini dapat berubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui (zat yang menyebabkan kanker pada jaringan hidup).

6. Jamur

Jamur memiliki kandungan kaya akan protein. Jamur harus dikonsumsi pada hari yang sama ketika dimasak. Sebab, jamur diperkaya dengan protein, dan strukturnya berubah saat dipanaskan kembali yang bisa berbahaya bagi tubuh. Saat makan jamur yang dipanaskan kembali, kamu berisiko mengalami masalah pencernaan hingga masalah jantung yang serius.

7. Seledri

Seledri (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)
Seledri (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)

Seledri mempunyai kandungan nitrat yang tinggi, sehingga menjadi racun jika memanaskannya kembali. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan. Ketika terlalu banyak nitrit masuk ke dalam tubuh, itu meningkatkan risiko methemoglobinemia.

Ini adalah suatu kondisi di mana nitrit dalam darah berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi, membuatnya  tidak mampu membawa oksigen ke sel-sel hidup. Komplikasi dapat mencakup kejang atau bahkan kematian.

Rekomendasi