Terapi Jus untuk Prostat, Manfaatkan Khasiat Buah Delima

| 14 Oct 2022 18:05
Terapi Jus untuk Prostat, Manfaatkan Khasiat Buah Delima
Buah delima (Unsplash)

ERA.id - Delima adalah buah yang dinilai efektif sebagai salah satu terapi jus untuk prostat pria. Jus delima diketahui dapat menstabilkan tingkat prostate-specific antigen (PSA) pada pria dengan kanker prostat.

Pria yang minum delapan ons jus delima sehari hampir empat kali lipat memiliki jumlah PSA yang tetap stabil setelah pengobatan kanker prostat. Temuan tersebut sebagaimana sebuah studi University of California, Los Angeles (UCLA) dalam edisi Juli 2006 dari Clinical Cancer Research.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Clark Urology Center yang berfokus pada 50 pria (yang telah menjalani operasi atau radiasi) dapat dengan cepat mengalami peningkatan antigen spesifik prostat, atau PSA.

Para peneliti mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar PSA menjadi dua kali lipat. Perlu diketahui, pasien dengan PSA lebih sedikit memungkin meninggal karena kanker.

Penelitian menemukan jika lebih dari 80 persen pria mengalami peningkatan waktu dua kali lipat, dari 15 bulan menjadi 54 bulan. Selain itu, tidak ada yang mengalami efek samping atau memiliki kanker yang bermetastasis selama penelitian.

“Jika kita memberikan jus delima kepada pria yang lebih tua yang telah dirawat karena kanker prostat, ada kemungkinan bagi mereka untuk hidup lebih lama dari risiko kematian akibat kanker,” kata Dr. Allan Pantuck, profesor urologi dan peneliti Jonsson Cancer Center.

Terapi jus delima bagi penderita prostat, menurut Allan dapat mencegah atau menunda kebutuhan akan pengobatan hormon atau kemoterapi yang membawa efek samping berbahaya bagi pasien.

Allan juga menyatakan jika terapi jus delima bukanlah obat, tapi menurutnya hal tersebut Dapat mengubah cara kanker prostat tumbuh.

“Kami ingin mengetahui jalur pensinyalan sel apa yang terpengaruh, dan apa yang terjadi untuk menjaga level PSA tetap stabil,” imbuhnya.

Sayur dan Buah Lainnya untuk Prostat

Menariknya tidak hanya buah delima yang diyakini menjadi obat prostat paling manjur. Terdapat beberapa buah dan sayuran lainnya yang dapat menolong pasien prostat. Dilansir dari laman The Green Naturopath, berikut beberapa di antaranya:

  1. Tomat

Tomat adalah sumber yang paling signifikan dari beberapa antioksidan dan vitamin C. Menurut para peneliti, tomat mengandung likopen yang bermanfaat untuk pengobatan atau memperlambat pembesaran prostat. Likopen juga dapat membantu mengatasi gejala penyakit prostat, seperti infeksi, berkemih, dan sering buang air kecil.

Hindari wadah plastik dalam menyajikan tomat (Unsplash)

Likopen paling baik diserap tubuh saat dimasak. Menurut penelitian, tomat yang dimasak lebih banyak mengandung likopen daripada yang segar. Pemrosesan termal tomat membantu memecahkan membran sel matriks jaringan, melepaskan senyawa likopen.

Anda bisa menggunakan produk tomat seperti pasta, sup setengah matang, dan pasta. Pastikan untuk mengkonsumsi produk tomat dalam bahan kaca bukan plastik untuk menghindari asam dalam tomat bocor kemasan ke dalam produk tomat Anda.

  1. Teh Hijau

Teh hijau adalah sumber nutrisi bermanfaat yang paling alami dan organik. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu meredakan peradangan kelenjar prostat, sehingga tekanan pada uretra berkurang dan meredakan gejala peradangan prostat.

Selain itu, teh hijau memiliki beberapa manfaat anti-virus dan anti-bakteri untuk mencegah infeksi. Perlu diketahui, pria yang menderita pembesaran prostat mengalami kesulitan mengosongkan kandung kemih, meningkatkan risiko infeksi yang berbeda. Jumlah kafein dalam teh hijau jauh lebih sedikit daripada teh lainnya dan kopi. Oleh karena itu, keamanan konsumsi teh hijau dapat membantu masalah terkait prostat.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran penting yang mengandung senyawa kompleks yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker. Penelitian menunjukkan hubungan kuat antara penurunan tingkat penyakit kelenjar prostat dan sayuran silangan.

sayuran silangan seperti brokoli efektif mencegah prostat (Unsplash)

Mekanisme sifat anti-inflamasi brokoli memang masih belum diketahui, namun sayuran ini mengandung fitokimia seperti sulforaphane, yang cenderung menargetkan sel kanker dan membunuhnya.

Sayuran silangan lainnya mungkin mengandung kangkung, kubis Brussel, kubis, dan kembang kol. Brokoli dan smoothie teh hijau bisa menjadi resep terbaik untuk konsumsi sehari-hari.

Selain terapi jus untuk prostat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi