Biji Buah yang Boleh Dimakan Beserta Manfaat Kesehatannya

| 29 Jul 2023 08:25
Biji Buah yang Boleh Dimakan Beserta Manfaat Kesehatannya
Biji buah yang boleh dimakan (unsplash)

ERA.id - Biji buah, seringkali dianggap sebagai bagian yang tidak berguna dan sering dibuang begitu saja.

Namun, siapa sangka, di balik kesederhanaannya, biji buah mengandung keajaiban dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan nutrisi tubuh kita.

Tidak semua biji buah aman untuk dikonsumsi, tetapi ada beberapa yang sebenarnya dapat kita nikmati dengan aman dan bahkan menyembunyikan khasiat yang menakjubkan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia biji buah yang boleh dimakan, mengungkap berbagai manfaat yang tersembunyi, dan merangkai keindahan alam yang terkandung di dalamnya.

Temukan biji buah mana saja yang seharusnya menjadi bagian dari menu sehat Anda, serta betapa pentingnya menghargai setiap harta alam yang diberikan oleh alam untuk mendukung kesejahteraan kita.

Biji Buah yang Boleh Dimakan

  1. Manggis

Buah manggis telah dikenal sebagai sumber nutrisi yang sangat baik. Kulit buah manggis sering digunakan sebagai suplemen kesehatan. Namun, sedikit yang menyadari bahwa biji manggis juga menyimpan nutrisi yang tak kalah hebatnya dari buah dan kulitnya.

Biji manggis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan melebihi kandungan antioksidan pada buah atau kulitnya. Khasiat antioksidan dalam biji manggis menyebabkan efek yang luar biasa, seperti kemampuannya melawan kanker, mengurangi peradangan, dan menangkal penuaan. Jika biji buah manggis tidak terlalu besar, biji tersebut bisa langsung dikonsumsi bersama dengan buahnya.

  1. Biji Pepaya

Pepaya adalah buah yang bisa dimanfaatkan dari berbagai bagian. Mulai dari kulit, daging, hingga biji buahnya. Mengonsumsi jus pepaya secara rutin dengan menggunakan kulit, daging, dan biji dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Biji pepaya (unsplash)

Biji pepaya memiliki kemampuan melawan infeksi jamur dan parasit dalam tubuh, melindungi fungsi ginjal, serta mendukung kesehatan pencernaan. Meski demikian, perlu diperhatikan jumlah asupan biji pepaya.

Mengonsumsi biji pepaya dalam jumlah besar dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi kesehatan pria dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan DNA.

  1. Biji Nangka

Siapa sangka, biji nangka yang seringkali diabaikan memiliki khasiat luar biasa sebagai antidiabetik alami. Biji nangka mengandung senyawa yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Namun, perlu diingat untuk merebus biji nangka sebelum dikonsumsi guna memastikan nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Biji Delima

Jika Anda menyukai buah delima, jangan pernah lagi membuang bijinya! Biji delima mengandung konsentrasi tinggi zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat besi dalam biji delima dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia serta meningkatkan vitalitas tubuh. Jadikan biji delima sebagai bagian tak terpisahkan dari konsumsi buah delima Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

  1. Biji Alpukat

Jangan sepelekan biji alpukat, sebab ternyata biji ini menyimpan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam biji alpukat dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, biji alpukat juga mengandung serat yang bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus.

Selain biji buah yang boleh dimakan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi