Bisa Perlambat Proses Menopause, Ini Jenis Hubungan Seksual yang Dianjurkan Pakar

| 20 Oct 2022 20:00
Bisa Perlambat Proses Menopause, Ini Jenis Hubungan Seksual yang Dianjurkan Pakar
Dampak hubungan seksual terhadap menopause perempuan (pexel.com)

ERA.id - Menopause merupakan suatu kondisi ketika siklus menstruasi berhenti secara alami. Kondisi ini pasti akan dialami oleh para perempuan saat sudah menginjak usia lanjut.

Meski demikian, setiap perempuan mengalami menopause pada waktu yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat atau bahkan lebih lama. Salah satu hal yang bisa memperlambat terjadinya menopause adalah hubungan seksual dengan pasangan.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, Dr. dr. Natalia Widiasih, Sp.KJ (K), MPd.Ked. Namun, hubungan seksual yang bisa memperlambat menopause itu ada jenisnya.  

"Apakah hubungan seksual itu bisa memperlambat menopause? Bisa, kalau misalnya tujuan hubungan seksualnya itu apakah prokreasi atau rekreasi," ujar Dokter Natalia, saat konferensi pers World Menopause Day 2022, pada Rabu (19/10/2022).

Hubungan seksual yang rutin tersebut yang harus memberikan perempuan kesenangan dan kenyamanan ketika melakukannya, sehingga waktu menopause bisa diperlambat. Namun, jika hubungan seksual yang rutin dilakukan tapi menimbulkan stres, maka menopause bisa terjadi lebih cepat.

"Waktu kita berhubungan seksual sama pasangan kita, dan itu membawa kebahagiaan, jadi otomatis sehat fisik dan jiwa. Jadi waktu happy, biasanya penuaan organ jadi lebih lambat," jelasnya.

"Kalau stres pas hubungan seksual, sering berhubungan seksual malah membawa penderitaan, itu jadi radikal bebas yang muncul. Jadi proses penuaan lebih cepat, jadi menopause juga jadi lebih cepat," tambahnya.

Lebih lanjut, Dokter Natalia menjelaskan bahwa hormonal memang sangat dipengaruhi dengan kondisi kesehatan mental. Maka dianjurkan ketika berhubungan seksual dengan pasangan harus yang memberikan kebahagiaan bagi keduanya.  

"Hormonal sangat dipengaruhi dengan kondisi stres. Jadi, kalau kita memang dua-duanya menikmati seksual, tujuan rekreasi mendekatkan intimasi berdua dan nyaman, tentunya bisa membuat proses menopause jadi lebih landai. Tapi bisa jadi lebih cepat, kalau hubungan seksual jadi sumber stres," pungkas Dokter Natalia.

Rekomendasi