Memakai Pelembab Dulu atau Sunscreen Dulu, Mana yang Benar?

| 23 Oct 2022 08:08
Memakai Pelembab Dulu atau Sunscreen Dulu, Mana yang Benar?
Pelembab dulu atau tabir surya dulu (Unsplash)

ERA.id - Paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan kulit dan beberapa kondisi kulit, belum lagi kanker kulit. Lantas mana yang benar, memakai pelembab dulu atau sunscreen dulu?

Perlindungan matahari adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Nah yang paling penting adalah Anda perlu tahu apakah Anda harus mengoleskan tabir surya atau pelembab terlebih dahulu.

Melalui artikel ini mari kita temukan jawaban pasti tentang apakah Anda seharusnya menggunakan tabir surya sebelum atau sesudah pelembab.

Pelembab Dulu atau Sunscreen Dulu?

secara umum gunakan pelembab terlebih dahulu (Unsplash)

Dilansir dari Loreal Paris USA, sebagai aturan praktis Anda harus memakai tabir surya sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Karena produk dengan SPF diformulasikan secara khusus dengan bahan pelindung tertentu.

Tabir surya dapat melapisi kulit setelah pemakaian pelembab, dan akan membantu menghalangi sinar matahari yang keras. Jadi, dengan kata lain, penggunaan SPF harus dilakukan setelah pelembab.

Bisakah Anda Tabir Surya dan Pelembab?

Meskipun ide untuk mencampur tabir surya dan pelembab bersama-sama untuk membentuk satu formula tampak seperti ide yang cerdas, namun hal tersebut sebenarnya mungkin kurang efektif.

Mencampur tabir surya dan pelembab Anda menjadi ramuan hibrida dapat menghasilkan formula yang tidak berfungsi seperti yang diuji dan oleh karena itu jangan mengambil risiko dengan perlindungan matahari.

Cara Memakai Moisturizer dan Sunscreen yang Benar

  1. Pelembab dan Tabir Surya Mineral

Jika Anda menggunakan tabir surya atau tabir surya berbasis mineral, Anda harus selalu mengoleskan pelembab terlebih dahulu, baru kemudian tabir surya. Dengan cara ini maka manfaat pelembab seperti antioksidan, akan masuk dengan baik. Kemudian oleskan tabir surya berbasis mineral Anda.

Ketika tabir surya fisik digunakan terakhir, ia dapat melakukan keajaibannya tanpa gangguan apa pun. Jenis produk ini mengandung mineral seperti seng dan titanium dioksida yang dapat membelokkan sinar UV yang berbahaya sebelum mencapai kulit Anda.

Tabir surya mineral dapat diaplikasikan di atas pelembab karena mereka bertindak lebih sebagai pelindung dan tidak perlu diserap ke dalam kulit untuk bekerja. Dengan kata lain, jika Anda pernah mendengar pepatah lama tentang menjaga tabir surya paling dekat dengan matahari maka ini adalah ide yang tepat jika Anda menggunakan tabir surya mineral.

  1. Pelembab dan Tabir Surya Kimia

Di sisi lain, tabir surya kimia cenderung lebih efektif ketika memiliki kesempatan untuk benar-benar meresap ke dalam kulit Anda. Seperti yang dijelaskan oleh American Academy of Dermatology Association (AAD), bahan aktif seperti avobenzone, homosalate, oxybenzone, octinoxate, octisalate, dan octocrylene bekerja dengan menyerap sinar UV lalu mengubah energi itu menjadi panas, dan melepaskan sebelum dapat menembus kulit Anda.

Jadi, jika Anda menggunakan tabir surya kimia Anda dapat memakainya terlebih dahulu. Tabir surya kimia harus diterapkan terlebih dahulu dengan pelembab di atasnya, karena keduanya perlu diserap oleh kulit untuk bekerja.

Selain pertanyaan pelembab dulu atau sunscreen dulu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi