Kandungan Gizi Oatmeal untuk Diet dan Manfaat bagi Tubuh

| 23 Oct 2022 19:07
Kandungan Gizi Oatmeal untuk Diet dan Manfaat bagi Tubuh
Ilustrasi sarapan oatmeal (Unsplash)

ERA.id - Terdapat banyak manfaat oatmeal untuk diet dan kesehatan badan. Hal tersebut lantaran oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat di bumi dan merupakan gandum utuh bebas gluten.

Studi menunjukkan jika oat menjadi sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting. Manfaat lain oat termasuk penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan penurunan risiko penyakit jantung.

Apa Itu Oatmeal?

Oat adalah makanan sehat dari gandum utuh, yang secara ilmiah dikenal sebagai Avena sativa. Perlu diketahui, menir gandum, bentuk gandum yang paling utuh dan utuh, membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Olah karenanya banyak orang lebih suka gandum yang digulung, dihancurkan, atau dipotong baja.

Oat instan adalah varietas yang paling banyak diproses. Sementara itu oatmeal membutuhkan waktu tersingkat untuk memasak, teksturnya mungkin lembek.

Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus oat dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut bubur dan sering dimasukkan dalam muffin, granola bar, kue, dan makanan panggang lainnya.

Manfaat Oatmeal untuk Diet

  1. Oat sangat bergizi

    Oatmeal memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi (Unsplash)

Komposisi nutrisi oat seimbang karena sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan yang kuat. Oat juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dengan keseimbangan asam amino esensial yang baik.

Selain itu, oat sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan penting. Setengah cangkir (78 gram) gandum kering yang mengandung:

●        Mangan: 63,91% dari nilai harian (DV)

●        Fosfor: 13,3% dari DV

●        Magnesium: 13,3% dari DV

●        Tembaga: 17,6% dari DV

●        Besi: 9,4% dari DV

●        Seng: 13,4% dari DV

●        Folat: 3,24% dari DV

●        Vitamin B1 (tiamin): 15,5% dari DV

●        Vitamin B5 (asam pantotenat): 9,07% dari DV

Selain itu oat juga mengandung sejumlah kecil kalsium, kalium, vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B3 (niasin), 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat dalam 1 cangkir.

Dalam satu porsi oat hanya memiliki 303 kalori. Ini berarti oat adalah salah satu makanan paling padat nutrisi yang bisa Anda makan. Dengan demikian, oat adalah makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat, tetapi juga lebih tinggi protein dan lemak daripada kebanyakan biji-bijian lainnya. Selain itu, oat sangat tinggi dalam banyak vitamin dan mineral.

  1. Gandum utuh kaya akan antioksidan, termasuk avenanthramides

    Oatmela adalah gandum yang kaya akan antioksidan (unsplash)

Oat adalah gandum utuh kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. Yang paling menonjol dari oat adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan dalam gandum.

Baik penelitian lama dan baru telah menemukan bahwa avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

Molekul gas dalam oat dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menghasilkan aliran darah yang lebih baik. Selain itu, avenanthramides memiliki efek anti-inflamasi dan anti-gatal.

Oat, dengan demikian merupakan makanan yang mengandung banyak antioksidan kuat, termasuk avenanthramides. Senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan manfaat lainnya.

  1. Oat mengandung serat larut yang kuat yang disebut beta-glukan

Oat mengandung sejumlah besar beta-glukan, sejenis serat larut. Perlu diketahui, beta-glukan sebagian larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel di usus Anda.

Manfaat kesehatan dari serat beta-glukan meliputi:

●        mengurangi kadar LDL dan kolesterol total

●        pengurangan gula darah dan respons insulin

●        peningkatan perasaan kenyang

●        peningkatan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan

Selain oatmeal untuk diet, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi