Apakah Ada Obat Ginjal Alami Tanpa Cuci Darah? Simak Penjelasan Berikut

| 24 Oct 2022 15:03
Apakah Ada Obat Ginjal Alami Tanpa Cuci Darah? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi daun sukun. (Foto: Tehdaunsukun.com)

ERA.id - Penyakit ginjal adalah salah satu dari berbagai penyakit berbahaya yang berisiko mengancam jiwa. Penderita yang sudah terserang penyakit ini memerlukan pengobatan yang panjang dan cukup lama. Banyak juga penderita yang harus menjalani proses cuci darah.

Cuci darah dibutuhkan bagi seseorang terserang kerusakan ginjal yang cukup berat, di mana fungsi-fungsi ginjalnya sudah tidak mampu bekerja dengan baik lagi.

Ilustrasi. Kasus penyakit gagal ginjal akut misterius meningkat drastis selama periode Januari hingga Oktober 2022. (Unsplash/Robina Weermeijer)

Proses cuci darah sendiri dapat memberikan kesempatan bagi penderita gagal ginjal agar tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal.

Pada umumnya, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ada obat ginjal alami tanpa cuci darah?

Hal yang harus diperhatikan adalah, sebaiknya penderita ginjal berhati-hati ketika akan mencoba menggunakan obat alami sebagai penanganan.

Sebab, pengobatan sembarangan dapat memicu komplikasi ginjal yang lebih parah.

Selain itu, ada baiknya penderita sakit ginjal melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang memberikan penanganan.

Terlebih jika selama ini penderita ginjal tengah menjalani proses cuci darah secara rutin.

Obat alami untuk ginjal sebenarnya memang ada banyak, tapi beberapa bahan alami yang akan dijelaskan di bawah ini hanya berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

Beberapa riset mengenai khasiat pada daun sukun menyebutkan bahwa daun ini cukup manjur untuk menyembuhkan sakit ginjal.

Daun Sukun Digunakan sebagai Obat Alami Pencegah Sakit Ginjal

Pemilihan daun sukun sebagai obat alami gagal ginjal ini tentunya bukanlah tanpa metode yang tidak jelas. Melainkan sudah melewati serangkaian penelitian yang cukup teruji. Dan ternyata manfaat daun sukun ini sangat baik untuk ginjal.

Sebab, di dalamnya ada banyak beragam zat alami yang diperlukan tubuh. Dengan demikian, daun sukun dapat digunakan sebagai obat gagal ginjal tanpa harus melakukan cuci darah. Selain itu, kondisi organ ini dapat normal kembali dengan olahan obat daun sukun.

Di dalam selembar daun sukun, terdapat kandungan asam hidrosianat, tannin, dan flavoid. Tak hanya itu, riboflavin dan aseticolin mempunyai fungsi untuk pemulihan ginjal.

Selain digunakan untuk obat gagal ginjal, daun sukun ini sangat bermanfaat untuk membantu menangani penyakit kardiovaskuler.

Sedangkan untuk merasakan manfaat daun sukun ini, Anda dapat mendapatkannya dengan proses pengolahan alami.

Anda dapat mengolahnya sendiri di rumah sebagai obat alternatif obat gagal ginjal tanpa harus menjalani proses cuci darah.

Cara mengolah ramuan ini juga terbilang mudah, murah, dan tak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Siapkan beberapa lembar daun sukun, selanjutnya cuci hingga bersih.
  • Rebus daun sukun yang sudah dicuci dengan takaran air secukupnya, kemudian diamkan sampai mendidih dan usahakan daun sukun tersebut hancur serta larut dalam air rebusan.
  • Diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sukun tersebut, kemudian saring.
  • Konsumsi air rebusan daun sukun tersebut sebanyak dua kali dalam sehari setelah makan.

pengobatan ini sudah terbukti manjur untuk menghilangkan nyeri pada organ ginjal hingga sehat seperti sedia kala.

Selain dapat digunakan untuk obat gagal ginjal, daun sukun mampu menurunkan kadar gula darah.

Ketumbar sebagai Obat Alami Pencegah Sakit Ginjal

Dilansir GridHITS.id dari SFGate, penelitian yang diterbitkan di Journal of Ethnopharmacology (2001) menyimpulkan, ketumbar yang diberikan pada hewan uji coba selama 25 hari dapat menurunkan kadar timbal.

Penurunan kadar timbal dalam tubuh ini disebut dapat mengurangi risiko kerusakan ginjal. Para peneliti untuk sementara menyimpulkan, ketumbar dapat membantu menghilangkan timbal dari tubuh dan mencegah kerusakan ginjal.

Selain itu, manfaat potensial ketumbar untuk ginjal lainnya disebut mampu menghilangkan merkuri.

Logam beracun ini disebut menghambat fungsi ginjal dalam menyaring kotoran dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Studi lain yang diterbitkan di Indian Journal of Experimental Biology mencatat, manfaat biji ketumbar lainnya adalah mencegah kerusakan ginjal karena penyakit diabetes.

Menurut penelitian, ketumbar berpotensi menghambat kerusakan oksidatif pada ginjal dengan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Namun, beberapa hasil penelitian di atas masih terbatas pada objek hewan, atau baru dinyatakan sebagai penelitian awal.

Sementara, belum ada bukti ilmiah penunjang ketumbar mampu membantu mengobati penyakit ginjal pada manusia.

Hal yang terpentingadalah, sebelum mengonsumsi obat ginjal alami tanpa cuci darah ini, disarankan bagi Anda untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Demikianlah penjelasan tentang obat ginjal alami tanpa cuci darah. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi