Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Salah Satunya Tampak Glowing

| 30 Oct 2022 07:03
Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Salah Satunya Tampak Glowing
Ilustrasi raut wajah orang hamil (unsplash)

ERA.id - Cara yang bisa dilakukan mengetahui kehamilan adalah menggunakan test pack. Untuk hasil lebih akurat, pengecekan di dokter kandungan atau rumah sakit bisa dilakukan. Namun, kehamilan ternyata juga bisa dilihat dari ciri fisik. Selain perut besar, ada ciri-ciri orang hamil dari raut wajah.

Perubahan wajah memang tidak terjadi pada semua kehamilan. Namun, cukup banyak kasus kehamilan yang diiringi perubahan hormon selama masa hamil muda sehingga terjadi kulit wajah wanita hamil mengalami perubahan.

Ilustrasi wajah glowing karena berminyak (unsplash)

Perlu dicatat, ciri-ciri ini bukan ukuran pasti yang akurat. Jika ingin mengetahui kehamilan seseorang, penggunaan test pack dan pemeriksaan di rumah sakit tetap harus dilakukan. Dikutip Era dari CNBC Indonesia, berikut adalah ciri-ciri kehamilan dari wajah.

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Perubahan pada kulit wajah umum dialami oleh wanita hamil. Perubahan tersebut bisa berbeda antara satu wanita hamil dengan yang lain. Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut.

1. Muncul jerawat

Jerawat bisa muncul saat seseorang hamil. Ketika masa kehamilan, peningkatan hormon bisa terjadi. Hal tersebut membuat produksi minyak meningkat sehingga jerawat muncul di wajah. Jerawat yang muncul saat masa kehamilan biasanya butuh waktu yang lebih lama untuk hilang.

Jerawat tersebut biasanya muncul di area area wajah, seperti pipi, dahi, dan dagu. Wanita berusia 20 hingga 30-an punya potensi tinggi mengalami jerawat saat masa kehamilan.

2. Muncul flek hitam

Flek hitam pada kulit wajah adalah masalah yang umum terjadi. Jika flek hitam muncul saat masa kehamilan, dalam dunia medis hal tersebut disebut melasma dan chloasma. Secara umum, flek hitam tersebut muncul di dahi, hidung, pipi, dan bibir.

3. Wajah bengkak

Wajah bisa mengalami pembengkakan saat masa kehamilan. Oleh sebab itu, orang yang hamil akan memiliki wajah yang lebih bulat dan tembam. Anda tak perlu khawatir sebab hal tersebut akan kembali normal setelah melahirkan.

4. Hidung bengkak

Pembengkakan tidak hanya terjadi pada area wajah secara umum. Hidung orang hamil biasanya juga akan tampak membengkak. Peningkatan sirkulasi darah di selaput lendir membuat hidung tampak lebih besar dan lebar.

5. Mata sembab

Kondisi ini tidak dialami oleh semua wanita hamil. Secara umum, mata sembab disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah pada wajah. Mata sembab juga bisa terjadi karena kelelahan. Ciri ini biasanya terlihat pada trimester pertama masa kehamilan.

6. Warna Mata Berubah

Selain mata sembab, warna mata ternyata juga bisa berubah selama masa kehamilan. Biasanya, warna mata akan terlihat lebih gelap dan pucat pada orang hamil. Ini disebabkan oleh hormon yang mempengaruhi ketebalan dan kelengkungan kornea mata.

7. Wajah jadi lebih sensitif

Kulit wajah akan terasa lebih sensitif saat hamil muda. Hal ini terjadi karena perubahan hormon. Selain itu, pembengkakan pada area wajah membuat kulit tertarik sehingga menjadi lebih sensitif.

8. Wajah lebih cerah dan glowing

Ciri kehamilan yang satu ini akan membuat para wanita lebih senang. Kulit wajah wanita hamil bisa tampak lebih cerah dan berkilau. Kulit yang lebih cerah disebabkan oleh peningkatan produksi darah selama masa kehamilan. Sementara, wajah glowing disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih.

9. Alis dan bulu mata rontok

Alis dan bulu mata bisa rontok saat masa kehamilan karena kekurangan protein dan vitamin. Sebab yang lain adalah gangguan tiroid yang tidak stabil.

10. Kulit memerah

Kulit wanita hamil bisa tampak lebih merah karena perubahan hormon. Kulit yang lebih merah ini biasanya tampak pada area pipi, hidung, dagu, dan dahi. Pada masa kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak darah. Hal tersebut busa melebarkan pembuluh darah sehingga kulit tampak memerah.

11. Pembuluh Darah Terlihat

Secara umum, pembuluh darah kecil (kapiler) wanita hamil tampak lebih jelas. Hal ini disebut spider vein, disebabkan oleh perubahan hormon dan peningkatan volume darah.

Tekanan pada pembuluh darah yang signifikan membuatnya membengkak sehingga terjadilah spider vein. Beberapa bagian tubuh yang biasanya mengalami spider vein adalah wajah, leher, dan lengan. Jangan khawatir, ini bukanlah kondisi berbahaya. Spider vein akan memudar setelah wanita hamil melahirkan.

Itulah beberapa ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Meski bisa mendindikasikan bahwa seorang wanita sedang hamil, pengecekan kehamilan secara pasti harus dilakukan sebab ciri-ciri tersebut bukanlah jaminan.

Rekomendasi