Apa Itu Cardiac Arrest? Gangguan Medis Penyebab Tragedi Itaewon

| 31 Oct 2022 14:40
Apa Itu Cardiac Arrest? Gangguan Medis Penyebab Tragedi Itaewon
Cardiac Arrest (Unsplash)

ERA.id - Kerumunan dalam perayaan Halloween di Itaewon, Korea selatan membawa petaka. Ratusan orang meninggal dan cardiac arrest menjadi salah satu penyebabnya. Lantas apa itu cardiac arrest?

Cardiac arrest atau henti jantung adalah hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang yang mungkin tidak didiagnosa memiliki penyakit jantung.

Henti jantung bisa datang tiba-tiba atau setelah gejala lain. Henti jantung seringkali berakibat fatal jika langkah yang tepat tidak segera diambil.

Dilansir dari heart.org, lebih dari 356.000 serangan jantung terjadi di luar rumah sakit di AS setiap tahun. Apakah serangan jantung sama dengan henti jantung?

Apa Itu Cardiac Arrest? Sama dengan Serangan Jantung?

Istilah "serangan jantung" sering keliru digunakan untuk menggambarkan henti jantung. Sementara itu, serangan jantung dapat menyebabkan henti jantung, namun keduanya tidak sama.

Serangan jantung disebabkan oleh penyumbatan yang menghentikan aliran darah ke jantung. Serangan jantung mengacu pada kematian jaringan otot jantung karena hilangnya suplai darah (ini adalah masalah "sirkulasi"). Serangan jantung juga cukup serius dan terkadang berakibat fatal.

Sebaliknya, henti jantung disebabkan ketika sistem kelistrikan jantung tidak berfungsi, kemudian jantung berhenti berdetak dengan benar. Dengan kata lain, fungsi pemompaan jantung “dihentikan” atau dihentikan.

Pada serangan jantung, kematian dapat terjadi dengan cepat jika langkah yang tepat tidak segera diambil. Namun henti jantung tertolong jika CPR dilakukan dan defibrillator mengejutkan jantung dilakukan hingga dapat mengembalikan irama jantung normal dalam beberapa menit.

Henti jantung dapat disebabkan oleh irama jantung yang tidak teratur yang disebut aritmia. Aritmia umum yang terkait dengan henti jantung adalah fibrilasi ventrikel. Pada fibrilasi ventrikel, bilik jantung bagian bawah tiba-tiba mulai berdetak dengan kacau dan tidak memompa darah.

Perbedaan Henti Jantung dan Serangan Jantung

Serangan jantung berbeda dengan henti jantung (Unsplash)

Orang sering menggunakan kedua istilah ini secara bergantian, tetapi keduanya bukan sinonim. Serangan jantung adalah ketika aliran darah ke jantung tersumbat, dan henti jantung mendadak adalah ketika jantung tidak berfungsi dan tiba-tiba berhenti berdetak secara tak terduga. Serangan jantung adalah masalah "sirkulasi" dan henti jantung mendadak adalah masalah "listrik".

Serangan jantung terjadi ketika arteri yang tersumbat mencegah darah yang kaya oksigen mencapai bagian jantung. Jika arteri yang tersumbat tidak dibuka kembali dengan cepat, maka bagian jantung yang biasanya diberi makan oleh arteri itu mulai mati.

Semakin lama seseorang dengan penyakit serangan jantung tanpa pengobatan, semakin besar kerusakannya. Gejala serangan jantung mungkin langsung dan intens. Namun, lebih sering, gejala mulai perlahan dan bertahan selama berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum serangan jantung.

Sementara itu, henti jantung mendadak terjadi secara tiba-tiba dan seringkali tanpa peringatan dipicu oleh kerusakan listrik di jantung yang menyebabkan detak jantung tidak teratur (aritmia).

Sistem pemompaannya yang terganggu, menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah ke otak, paru-paru dan organ lainnya. Beberapa detik kemudian, seseorang kehilangan kesadaran dan tidak memiliki denyut nadi. Kematian terjadi dalam beberapa menit jika korban tidak menerima pengobatan.

Kondisi henti jantung dan serangan jantung berbeda namun saling terkait. Henti jantung mendadak dapat terjadi setelah serangan jantung, atau selama pemulihan. Kemudian serangan jantung meningkatkan risiko henti jantung mendadak.

Namun sebagian besar henti jantung tidak menyebabkan serangan jantung mendadak. Tetapi ketika henti jantung tiba-tiba terjadi, serangan jantung adalah penyebab umumnya.

Kondisi jantung lainnya juga dapat mengganggu ritme jantung dan menyebabkan henti jantung mendadak. Penyakit jantung tersebut termasuk otot jantung yang menebal (kardiomiopati), gagal jantung, aritmia, terutama fibrilasi ventrikel, dan sindrom long Q-T.

Selain apa itu cardiac arrest, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi