Brave, 5 Kunci Menjaga Kesehatan Mental Saat Masuki Fase Usia 20-an

| 04 Nov 2022 16:50
Brave, 5 Kunci Menjaga Kesehatan Mental Saat Masuki Fase Usia 20-an
Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Daniel Reche)

ERA.id - Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika suasana hati berada dalam keadaan tentram dan tenang. Sehingga, memungkinkan untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Kesehatan mental dan fisik memerlukan mindset yang solid. Dalam proses pendewasaan, diperlukan mindset dan mentalitas 'BRAVE' untuk merawat kesehatan mental yang dibutuhkan agar mampu menjadi manusia dewasa yang berfungsi optimal.

Berikut 5 tips kesehatan mental dalam memasuki fase peralihan diusia 20-an dengan metode B-R-A-V-E dari rilis MAYBELLINE yang diterima era.id.

1. B - Bangun Kebiasaan Positif

Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Riccardo)
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Riccardo)

Memiliki kebiasaan positif dapat dimulai dari sesuatu yang kecil seperti bangun pagi dan olahraga teratur. Kamu akan merasa lebih produktif dan memiliki waktu lebih banyak untuk merencanakan harimu.

Dengan memiliki kebiasaan positif yang konsisten, emosi akan menjadi lebih terjaga dikarenakan hati lebih tenang berkat perencanaan yang lebih matang.

2. R - Rencanakan Waktu Istirahat

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada kondisi mental. Merencanakan waktu untuk istirahat atau tidur pada waktu yang teratur setiap hari akan membantu untuk membawa stabilitas pada kondisi mental seorang individu.

3. A - Afirmasi Diri

Penelitian menunjukkan bahwa cara seseorang berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada stabilitas mental seseorang. 

Ketika seseorang memandang dirinya dan hidupnya secara negatif, maka mereka juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat seseorang lebih optimis.

4. V - Validasi Emosi

Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Olena Ukraine)
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Olena Ukraine)

Validasi adalah kemampuan mengakui dan menerima berbagai emosi yang dirasakan. Agar mampu memvalidasi emosi diri, diperlukan latihan dan refleksi diri secara rutin. Merefleksikan diri berarti evaluasi dan proyeksi diri di masa mendatang. 

Dalam validasi diri, refleksi yang akurat dan jujur dapat membantu proses penerimaan diri, namun bila dirasa masih sulit berefleksi, kamu bisa dibantu oleh professional melalui konseling supaya semakin akurat.

5. E - Ekspresikan Kebaikan

Ketika kita berbuat baik, hal tersebut bukan hanya berdampak baik ke orang yang kita bantu, tetapi juga berdampak positif untuk diri kita sendiri. 

Penelitian menunjukkan ketika membantu orang lain, kita bisa membentuk self-esteem yang lebih sehat karena kita menemukan makna dan menumbuhkan manfaat hidup kita sendiri.

Rekomendasi