Begini Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga yang Terlalu Dalam Secara Alami dengan Aman

| 10 Nov 2022 15:35
Begini Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga yang Terlalu Dalam Secara Alami dengan Aman
Membersihkan telinga secara alami (Freepik)

ERA.id - Mungkin beberapa orang membiarkan kotoran telinga, namun ada juga yang selalu rutin membersihkannya. Lantas apakah ada cara mengeluarkan kotoran telinga yang terlalu dalam secara alami?

Dilansir dari Harvard Edu, kotoran telinga sebenarnya adalah barang yang cukup berguna, syaratnya dalam jumlah kecil. Kotoran telinga adalah pembersih alami karena dapat bergerak dari dalam saluran telinga ke luar.

Kotoran telinga berfungsi mengumpulkan sel-sel kulit mati, rambut, dan kotoran di sepanjang jalan saluran telinga. Berdasarkan tes, telah menunjukkan bahwa kotoran telinga memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Perlu diketahui, jika telinga Anda tidak memiliki cukup kotoran telinga, kemungkinan besar telinga akan terasa gatal dan tidak nyaman.

Efek samping kotoran telinga yang berlebihan

Meskipun bagi banyak orang kotoran telinga merupakan hal yang biasa, namun apabila saluran telinga tersumbat maka dapat menyebabkan sakit telinga, infeksi, dan masalah lainnya.

Selain itu, kotoran telinga juga dapat menyebabkan batuk apabila merangsang cabang saraf vagus yang memasok telinga luar. Tidak mengherankan juga kelebihan kotoran telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa peradangan kronis tingkat rendah dapat berubah menjadi pembunuh diam-diam yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes tipe 2, dan kondisi lainnya. American Academy of Otolaryngology,menekankan membiarkan kotoran telinga dan tidak mengeluarkannya dapat menyebabkan masalah.

Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga yang Terlalu Dalam Secara Alami dengan Aman

Cara paling aman adalah membersihkan kotoran telinga dengan bantuan dokter (Freepik)

Anda bisa mendapatkan bantuan medis untuk menghilangkan penyumbatan dan melakukan pengangkatan kotoran telinga. Prosedur tersebut adalah otolaringologi yang paling umum dilakukan di Amerika.

Anda juga dapat mengambil pendekatan do-it-yourself dengan cara menghilangkan kotoran telinga dengan kapa. Meskipun cara tersebut cenderung mendorong kotoran telinga kembali ke dalam telinga.

Anda dapat merendam bola kapas dan teteskan beberapa tetes air biasa, larutan garam sederhana, atau hidrogen peroksida ke dalam telinga dengan kepala dimiringkan sehingga lubang telinga mengarah ke atas.

Pertahankan kepala dalam posisi tersebut selama satu menit untuk memungkinkan gravitasi menarik cairan ke bawah melalui lilin. Kemudian miringkan kepala ke arah lain dan biarkan cairan dan lilin mengalir keluar.

Kotoran telinga terbentuk di sepertiga bagian luar atau sebagian saluran telinga, bukan di dekat gendang telinga. Jadi, ketika ada penumpukan tepat di gendang telinga, itu sering kali merupakan hasil dari upaya pembersihan yang gagal.

Selain itu, Anda dapat membeli obat tetes telinga yang dijual bebas yang dapat memecah kotoran telinga. Pastikan obat tersebut berbahan dasar air dan mengandung bahan-bahan seperti asam asetat, hidrogen peroksida, atau natrium bikarbonat.

Produk pembersih telinga berbasis minyak dapat melumasi dan melembutkan kotoran telinga. Meskipun demikian, studi belum menunjukkan satu jenis metode pembersihan lebih baik dari yang lain.

Bila Anda ragu, sebaiknya pergilah ke dokter saja, karena meskipun seorang dokter menangani penyumbatan kotoran telinga dengan cara yang hampir sama seperti yang dilakukan sendiri namun mereka punya lebih banyak keahlian.

Dokter juga memiliki alat yang jauh lebih baik untuk menghilangkan kotoran telinga secara mekanis. Mereka akan menggunakan kuret ramping seperti sendok yang dapat masuk ke ruang sempit saluran telinga.

Selain cara mengeluarkan kotoran telinga yang terlalu dalam secara alami, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi