Apa Itu Biseksual? Apakah Sama Dengan Gay dan Lesbi?

| 13 Nov 2022 12:05
Apa Itu Biseksual? Apakah Sama Dengan Gay dan Lesbi?
Ilustrasi biseksual (Freepik)

ERA.id - Masih banyak orang yang salah kaprah menganggap biseksual sebagai gay atau lesbi. Lantas apa itu biseksual? Mari simak melalui artikel berikut ini.

Biseksualitas adalah ketertarikan pada lebih dari satu jenis kelamin. Mereka yang mengidentifikasi diri sebagai biseksual merasakan ketertarikan seksual dan romantisme kepada orang-orang dari jenis kelamin yang berbeda dan sama.

Dilansir dari webmd.com, orang biseksual merupakan kelompok yang beragam. Setiap individu mempersepsikan orientasi seksualnya berbeda-beda. Beberapa mungkin sama-sama tertarik pada pria dan wanita, sementara yang lain memiliki ketertarikan yang lebih kuat terhadap satu jenis kelamin.

Seorang biseksual mungkin berada dalam hubungan sesama jenis atau heteroseksual jangka panjang, atau bahkan mereka mungkin bergantian di antara keduanya.

Apa Itu Biseksual? Apa Bedanya dengan Panseksual?

Gay tidak sama dengan biseksual (Freepik)

Biseksualitas sering dikacaukan dengan panseksualitas, yaitu ketika seseorang tertarik pada semua jenis kelamin, termasuk cisgender, transgender, agender, non-biner, dan individu lain yang tidak sesuai gender.

Definisi ini mungkin tampak sangat mirip, tetapi ada perbedaan yang jelas. Biseksual berarti tertarik pada banyak jenis kelamin, sedangkan panseksual berarti tertarik pada semua jenis kelamin.

Bagi banyak orang di komunitas LGBTQ, istilah keduanya mungkin tumpang tindih. Beberapa orang mungkin mengidentifikasi sebagai biseksual tetapi masih merasakan ketertarikan untuk semua jenis kelamin. Mengidentifikasi sebagai biseksual versus panseksual bermuara pada preferensi individu.

Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Biseksualitas

Orang biseksual sering menghadapi kesalahpahaman tentang identitas mereka. Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan prasangka, yang dikenal sebagai bifobia. Itu bisa terjadi di dalam atau di luar komunitas LGBTQ.

Sementara itu awalan "bi" secara harfiah dapat berarti dua, biseksualitas tidak berarti ketertarikan hanya pada dua jenis kelamin. Bagi banyak orang biseksual, "bi" menunjukkan ketertarikan pada jenis kelamin yang sama dan juga jenis kelamin lainnya.

Kemudian salah satu kesalahpahaman yangluas tentang biseksualitas adalah bahwa orang biseksual pada akhirnya akan menjadi gay atau lesbian. Tetapi biseksualitas bukanlah transisi atau eksperimental dikarenakan merupakan identitas yang valid.

Satu studi menemukan bahwa hanya 18% remaja LGBTQ yang awalnya keluar sebagai biseksual kemudian keluar sebagai gay atau lesbian. Jadi, beberapa orang mungkin keluar sebagai biseksual terlebih dahulu sebelum mengidentifikasi sebagai gay atau lesbian, dengan demikian identitas biseksual menjadi tidak valid.

Apakah biseksual lebih cenderung selingkuh?

Perlu diketahui, preferensi seksual tidak terkait dengan pergaulan bebas. Tidak ada bukti bahwa orang biseksual lebih cenderung selingkuh dari pasangannya daripada orang dengan orientasi seksual lainnya.

Apakah Hanya wanita yang biseksual?

Perlu diketahui, pria juga bisa biseksual. Tetapi mereka mungkin cenderung tidak terbuka tentang hal itu.

Dalam sebuah penelitian, hanya 12% pria biseksual yang mengatakan bahwa mereka biseksual secara terbuka, dibandingkan dengan 28% dari semua biseksual dan 77% pria gay.

Survei menemukan bahwa perbedaan tersebut mungkin berasal dari fakta bahwa 33% responden mempersepsikan penerimaan sosial terhadap perempuan biseksual, sementara hanya 8% yang mengatakan hal yang sama untuk laki-laki biseksual.

Meskipun mungkin tampak lebih sedikit pria biseksual daripada wanita, hal ini mungkin karena stigma sosial menentang soal pria yang mengaku sebagai biseksual.

Selain apa itu biseksual, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi