Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Ini Penyebabnya dan Penanganan yang Tepat

| 24 Dec 2022 08:05
Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Ini Penyebabnya dan Penanganan yang Tepat
Ilustrasi/Foto: Antara

ERA.id - Tentunya Anda pernah merasa tidak nyaman ketika sedang mengalami sakit tenggorokan. Gangguan tersebut membuat Anda sakit saat menelan dan aktivitas juga menjadi terhambat karena rasa tidak nyaman yang dirasakan. Oleh sebab itu, sakit tenggorokan yang terjadi harus segera diatasi dengan tepat.

Biasanya, penyebab tenggorokan sakit saat menelan disebabkan oleh radang. Padahal, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh faktor tersebut. Anda tentunya harus mengetahui penyebab lainnya dari keluhan ini.

Ilustrasi tenggorokan sakit saat menelan (Freepik/Katemangostar)

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang merasa sakit saat menelan. Hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh infeksi atau pil yang tertelan lewat jalur yang salah. Meskipun demikian, Anda mungkin dapat mengalami gangguan yang lebih serius dari kedua hal tersebut.

Anda bisa jadi merasakan sakit pada banyak bagian mulut, misalnya tenggorokan, sepanjang kerongkongan, sampai bagian tengah dada. Untuk memahami gangguan tersebut secara pasti, Anda dapat berkonsultasi ke dokter, terutama jika gangguan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik. Memastikan gangguan yang terjadi secara dini dapat mempercepat penyembuhan yang dijalankan.

Nah, selain radang, berikut penyebab tenggorokan sakit saat menelan, antara lain:

Infeksi Bakteri

Penyebab yang pertama adalah infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan Anda merasakan sakit tenggorokan. Ketika hal ini terjadi, amandel mengalami pembengkakan. Seseorang yang mendapatkan infeksi bakteri pada tenggorokannya harus segera mendapatkan pengobatan antibiotik. Jika tidak segera diobati, Anda berisiko mengalami komplikasi serius, diantaranya kerusakan jantung atau ginjal.

Kekeringan

Tenggorokan yang kering juga berisiko menjadikan tenggorokan terasa sakit saat menelan. Pasalnya, udara yang kering membuat tenggorokan Anda akan terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman saat menelan makanan. Selain itu karena hidung tersumbat, bernapas melalui mulut juga bisa mengakibatkan tenggorokan kering dan sakit.

Penyakit Asam Lambung

Anda juga bisa merasakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh penyakit asam lambung. Biasanya hal ini disebabkan gangguan asam lambung yang kronis. Ketika terjadi, asam lambung Anda naik ke kerongkongan sehingga terjadi iritasi pada dinding di area tersebut. Inilah yang menyebabkan Anda merasa sakit ketika menelan.

Infeksi yang Menyebabkan Flu atau Sinus

Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan yaitu infeksi yang mengakibatkan Anda mengalami flu atau sinus. Hal ini terjadi sehari sebelum kamu merasakan gejala lain, contohnya pilek dan batuk. Untuk menangani gangguan tersebut, Anda disarankan untuk lebih banyak istirahat dan mengonsumsi air putih dengan maksimal.

Luka pada Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan yang lain yaitu terjadinya luka pada bagian tersebut. Salah satu penyebab sakit menelan ini bisa dikarenakan konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menyebabkan luka. Oleh sebab itu, Anda dapat mencegah gangguan ini dengan memastikan makanan telah dikunyah hingga halus sebelum Anda telan.

Setelah memahami penyebabnya, tentunya Anda harus mengetahui langkah penanganan atau pencegahan yang tepat. Antara lain sebagai berikut.

Apa Saja Langkah Pencegahan Sakit Tenggorokan?

Dilansir dari WebMD, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sakit tenggorokan. Salah satunya dengan berhenti merokok (bagi perokok) dan menghindari asap rokok (bagi yang tidak merokok) agar tidak menjadi perokok pasif. Selain itu, salah satu penyebab dari sakit tenggorokan yaitu infeksi yang disebabkan oleh flu atau sinus. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut antara lain:

  • Bila belum mencuci tangan, hindari menyentuh wajah.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang.
  • Pastikan waktu istirahat Anda cukup.
  • Hindari bertemu orang yang sedang sakit.
  • Cucilah tangan secara rutin dengan air dan sabun.
  • Jangan berbagi makanan, minuman, atau peralatan makan.
  • Pastikan hidrasi tubuh terjaga (minum banyak cairan).

Bila Anda atau orang terdekat merasakan sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik, segeralah periksakan ke dokter.

Demikianlah beberapa penyebab sakit tenggorokan saat menelan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan Anda lebih waspada dalam menjaga kesehatan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi