Rekomendasi Makanan untuk Radang Tenggorokan dan yang Menjadi Pantangan

| 13 Jan 2024 13:28
Rekomendasi Makanan untuk Radang Tenggorokan dan yang Menjadi Pantangan
Rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan (unsplash)

ERA.idRadang tenggorokan dapat mengganggu, terutama ketika disertai dengan gejala seperti sakit, sulit menelan, dan peradangan. Untuk itu harus dilakukan pemilihan makanan yang tepat untuk meredakan gejala radang. Apa saja rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan?

Artikel ini akan membahas berbagai rekomendasi makanan yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan, Mari kita eksplorasi berbagai pilihan yang dapat mendukung kesehatan tenggorokan Anda selama masa pemulihan.

Rekomendasi Makanan untuk Radang Tenggorokan

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan karena mudah ditelan dan kaya akan nutrisi.

"Walaupun kebanyakan orang yang sakit biasanya tidak memiliki nafsu makan, Anda harus memastikan bahwa apa pun yang bisa Anda makan memiliki kalori dan nilai gizi yang Anda butuhkan," jelas Bryan Combs, PhD, CRNP, seorang profesor asisten keperawatan dan peneliti asosiasi di University of Alabama at Birmingham.

"Terkadang, makanan yang tinggi kalori lebih baik untuk alasan ini, itulah mengapa telur sangat baik jika Anda mengalami radang tenggorokan," tambahnya.

Telur dapat menjadi pilihan tepat (unsplash)
  1. Sup ayam

Selain sebagai makanan yang nyaman dikonsumsi saat sakit, sup ayam lebih mudah dikunyah dan ditelan karena isinya yang sederhana: kaldu, sayuran rebus, mie, dan daging ayam.

Tidak hanya kaldu hangat dari sup ini membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan, tetapi daging ayam di dalamnya juga merupakan sumber protein yang penting dikonsumsi saat sakit.

  1. Aneka Es

Smoothies, es krim, dan es lilin. Selain enak, sensasi dinginnya dapat membantu melegakan tenggorokan, kata Combs. "Suhu dingin dari makanan-makanan ini akan membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit di tenggorokan," jelasnya.

Selain itu, es lilin dan cairan dingin lainnya seperti air es dapat membantu meredakan tenggorokan dengan membersihkan lendir, menurut Cleveland Clinic.

  1. Teh dengan perasan jeruk dan madu

Teh seringkali sangat menenangkan untuk gejala radang tenggorokan, kemudian dengan menambahkan madu dan sedikit perasan jeruk juga dapat membantu.

Menurut Cleveland Clinic, minum cairan hangat seperti teh dapat meredakan sakit tenggorokan. Kemudian madu dapat melapisi tenggorokan Anda, membantu mengurangi batuk, dan bahkan memiliki beberapa sifat antibakteri.

Makanan yang Harus Dihindari ketika Radang Tenggorokan

  1. Citrus

Sedikit perasan jeruk lemon dalam teh Anda mungkin bermanfaat, karena dapat membantu meredakan rasa sakit dan melarutkan lendir. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak buah citrus dengan tenggorokan yang sakit dapat menyebabkan iritasi karena keasamannya.

  1. Makanan yang keras dan sulit dikunyah

Sereal renyah, kerupuk, dan sejenisnya termasuk makanan terburuk untuk dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan karena teksturnya yang kasar dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Untuk itu, sampai radang tenggorokan Anda sembuh, sebaiknya hindari makanan-makanan ini.

  1. Makanan mentah

Makanan seperti sayuran mentah sulit ditelan, seringkali memperburuk rasa sakit tenggorokan pada orang yang mengalami radang tenggorokan. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayur saat mengalami radang tenggorokan, sayuran yang direbus adalah pilihan yang baik.

Selain itu, mencampur sayuran menjadi smoothie juga bisa menjadi cara untuk mengkonsumsi sayuran saat tenggorokan sakit saat menelan.

  1. Rempah dan makanan pedas

Jika Anda ingin menyantap hidangan pedas, lebih baik tunda hingga Anda pulih dari radang tenggorokan. Mayo Clinic merekomendasikan untuk menjauhi makanan pedas saat tenggorokan sakit, karena dapat menyebabkan iritasi.

Selain rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi