Kanker Kolon adalah Penyebab Kematian Pele, Apa Saja Gejalanya?

| 30 Dec 2022 14:35
Kanker Kolon adalah Penyebab Kematian Pele, Apa Saja Gejalanya?
Gejala kanker kolon (Unsplash)

ERA.id - Kanker kolon adalah penyebab kematian legenda sepakbola dunia Pele, yang menghembuskan napas terakhir pada pada Kamis 29 Desember 2022. Biasa disebut sebagai kanker usus besar, apa saja gejala-gejalanya?

Kanker kolon (kolorektal) mungkin tidak langsung menimbulkan gejala. Bahkan, banyak gejala kanker kolorektal juga dapat disebabkan oleh masalah lain, seperti infeksi, wasir, sindrom iritasi usus besar, atau penyakit radang usus.

Gejala Kanker Kolon

Penting untuk memeriksakan diri jika Anda memiliki masalah-masalah berikut ini. Dalam banyak kasus, orang yang memiliki gejala-gejala ini tidak menderita kanker. Tetapi Anda harus berbicara dengan dokter jika Anda jika memiliki gejala-gejala tersebut sehingga penyebabnya dapat ditemukan dan diobati. Dilansir dari cancer.org, berikut ini gejala-gejala kanker kolon:

●        Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti diare, konstipasi, atau penyempitan tinja, yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari

●        Perasaan bahwa Anda perlu buang air besar yang tidak berkurang dengan buang air besar

●        Pendarahan dubur dengan darah merah terang

●        Darah dalam tinja, yang mungkin membuatnya terlihat coklat gelap atau hitam

●        Kram atau nyeri perut (perut)

●        Kelemahan dan kelelahan

●        Kehilangan berat badan tanpa diet

Sering kali kanker kolorektal tidak menimbulkan gejala gangguan kesehatan sampai tumbuh atau menyebar. Itulah sebabnya mengapa yang terbaik adalah melakukan tes kanker kolorektal sebelum mengalami gejala apapun.

Kanker kolorektal yang ditemukan lebih awal melalui skrining, sebelum Anda memiliki gejala, mungkin lebih mudah diobati. Skrining bahkan dapat mencegah beberapa kanker kolorektal dengan menemukan dan menghilangkan pertumbuhan pra-kanker yang disebut polip.

Cara Diagnosa Kanker Kolon

Cara Diagnosa Kanker Kolon (Unsplash)

Jika Anda memiliki gejala yang mungkin disebabkan oleh kanker kolorektal atau jika tes skrining menunjukkan sesuatu yang tidak normal, dokter Anda akan melakukan lebih banyak pengujian untuk menemukan penyebabnya.

Dokter akan bertanya tentang riwayat medis Anda untuk mempelajari tentang kemungkinan faktor risiko, termasuk memeriksa gejala. Anda juga akan ditanya apakah Anda mengalami beberapa gejala dan akan ditanya kapan gejala itu dimulai dan berapa lama Anda mengalaminya.

Anda mungkin dapat melakukan kunjungan virtual untuk berbicara dengan dokter Anda tentang gejala atau faktor risiko yang mungkin mengkhawatirkan Anda. Tetapi, tergantung pada gejala yang Anda alami, dokter Anda mungkin ingin menjadwalkan kunjungan langsung sehingga Anda dapat diperiksa.

Sebagai bagian dari pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa perut Anda dengan hati-hati untuk mencari massa atau organ yang membesar, dan juga memeriksa seluruh tubuh Anda.

Anda mungkin juga akan menjalani pemeriksaan colok dubur digital (DRE). Selama tes ini, dokter memasukkan jari yang dilumasi dan bersarung tangan ke dalam rektum Anda untuk merasakan adanya area yang tidak normal.

Beberapa Tes Kanker Kolon

  1. Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah tes di mana tabung tipis dengan lampu di ujungnya dimasukkan melalui anus, ke dalam rektum dan usus besar untuk melihat lebih dekat bagian dalamnya. Jika ditemukan benjolan abnormal (massa) atau pertumbuhan

(polip) yang abnormal ditemukan, sepotong dari benjolan atau pertumbuhan tersebut dapat diambil (biopsi) dan diperiksa di laboratorium untuk mengetahui adanya sel kanker.

  1. Biopsi

Selama biopsi, dokter mengambil sepotong kecil jaringan di mana kanker mungkin berada. Jaringan diperiksa untuk mencari sel-sel kanker. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda menderita kanker.   

  1. CT atau CAT scan

CT scan seperti x-ray, tetapi gambar bagian dalam tubuh Anda lebih rinci. CT scan juga dapat digunakan untuk membantu melakukan biopsi dan dapat menunjukkan apakah kanker telah menyebar.

  1. Ultrasonografi

Untuk tes ini, sebuah tongkat kecil digerakkan di kulit Anda. Alat ini mengeluarkan gelombang suara dan mengambil gema saat memantul dari jaringan. Gema tersebut dibuat menjadi gambar di layar komputer. Tes ini digunakan untuk membantu menemukan kanker dan melihat apakah kanker telah menyebar.

  1. Tes gen dan protein

Sel-sel kanker dalam jaringan biopsi dapat diuji untuk gen atau protein seperti KRAS, BRAF, MMR dan MSI. Mengetahui gen atau protein mana yang dimiliki kanker Anda dapat membantu dokter memutuskan apakah perawatan seperti terapi yang ditargetkan atau imunoterapi dapat membantu.

Tes lainnya, seperti pemindaian MRI, rontgen dan tes darah juga dapat dilakukan untuk melihat seberapa besar kanker dan apakah kanker telah menyebar.

Selain kanker kolon adalah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi