Manfaat Terapi Lintah: Pengobatan Alternatif Penyakit Jantung, Kanker, dan Efek Sampingnya

| 05 Jan 2023 21:04
Manfaat Terapi Lintah: Pengobatan Alternatif Penyakit Jantung, Kanker, dan Efek Sampingnya
Manfaat terapi lintah (Pinterest)

ERA.id - Terapi lintah adalah sebuah metode yang menggunakan lintah untuk mengeluarkan cairan yang disebut "lintah darah" yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit atau masalah kesehatan. Lantas apa saja manfaat terapi lintah? Simak pembahasan selengkapnya.

Lintah darah dianggap memiliki sifat antiinflamasi, analgetik, dan penyembuhan luka, sehingga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah seperti sakit kepala, nyeri sendi, infeksi, dan luka bakar.

Namun, terapi lintah tidak diakui oleh banyak organisasi kesehatan sebagai metode pengobatan yang efektif dan tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Sebagai tambahan, terapi lintah juga dapat menyebabkan efek samping seperti reaksi alergi, infeksi, dan kerusakan kulit.

Manfaat Terapi Lintah

manfaat terapi lintah untuk jantung (Pinterest)

Dilansir dari healthline, lintah dapat melepaskan protein dan peptida yang mengencerkan darah dan mencegah pembekuan. Hal ini meningkatkan sirkulasi dan mencegah kematian jaringan.

Selain itu, lintah efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah dan memecah gumpalan darah. Sehingga tidak mengherankan bahwa lintah dapat digunakan untuk mengobati gangguan peredaran darah dan penyakit kardiovaskular.

Menariknya, bahan kimia yang berasal dari air liur lintah telah dibuat menjadi obat farmasi yang dapat mengobati:

●        hipertensi

●        varises

●        wasir

●        masalah kulit

●        radang sendi

Terapi lintah juga menjadi pengobatan yang tepat untuk penyakit sendi umum seperti osteoartritis. Sifat anti-inflamasi dan anestesi dalam air liur lintah dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri di lokasi sendi yang terkena.

Terapi Lintah untuk Penyakit jantung

Penderita penyakit jantung menggunakan terapi lintah karena potensinya untuk memperbaiki peradangan dan aliran darah. Dalam beberapa tahun terakhir, terapi lintah telah menjadi terapi alternatif yang dapat diterima untuk orang-orang dengan penyakit dan gangguan pembuluh darah.

Pengobatan Alternatif Kanker

Perawatan kanker menggunakan terapi lintah sedang dieksplorasi dan diteliti terutama inhibitor trombosit dan enzim khusus yang terkandung dalam air liur lintah. Sementara orang-orang dengan kanker darah tertentu tidak disarankan untuk menggunakan terapi lintah.

Namun terapi lintah telah terbukti memperlambat efek kanker paru-paru. Pengujian pada hewan juga menunjukkan bahwa menyuntikkan air liur lintah secara langsung ke tikus dapat membantu mencegah kolonisasi sel kanker.

Efek Samping Terapi Lintah

Terapi lintah mudah dan memiliki risiko efek samping yang lebih rendah daripada terapi lainnya. Namun, ada beberapa risiko seperti infeksi bakteri yang terkadang melibatkan bakteri yang resisten terhadap obat.

Jadi pastikan untuk menghindari lintah di luar lingkungan yang diatur. Untuk alasan ini, orang yang mengalami gangguan kekebalan oleh penyakit autoimun dan faktor lingkungan bukanlah pasien yang baik untuk terapi lintah.

Jika ada yang tidak beres saat melakukan terapi lintah, darah akan keluar dari area yang telah diobati dan tempat gigitan lintah tidak akan menutup. Kadang-kadang lintah akan mencoba untuk pindah ke area lain dari tubuh di mana Anda tidak memerlukan perawatan dan menyebabkan kehilangan darah yang tidak perlu.

Kadang-kadang, seseorang akan menemukan selama atau setelah terapi lintah bahwa mereka alergi terhadap air liur lintah. Jika efek samping seperti ini terjadi, Anda sebaiknya menghindari metode pengobatan dengan terapi lintah.

Selain manfaat terapi lintah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi