Pilihan Camilan Rendah Kalori yang Bisa Membuat Anda Kenyang

| 06 Jan 2023 18:06
Pilihan Camilan Rendah Kalori yang Bisa Membuat Anda Kenyang
Ilustrasi buah rendah kalori (Freepik/KamranAydinov)

ERA.id - Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang begitu padat tentunya dapat menyiasati pola makan atau ngemil dengan makanan camilan rendah kalori. Karena dikejar deadline pekerjaan, banyak orang yang melewatkan waktu makan. Lalu ketika sudah merasa lapar, kebanyakan orang memilih untuk makan snack lebih dari satu bungkus, dan tanpa disadari, snack yang dikonsumsi memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Sebenarnya tidak sulit menemukan snack atau camilan rendah kalori. Artikel ini akan membahas beberapa referensi camilan yang dapat dijadikan pilihan.

Camilan Rendah Kalori yang Sehat dan Direkomendasikan

Pada saat merasa lapar, seseorang cenderung akan mengonsumsi makanan yang diproses atau ngemil snack yang mengandung kalori tinggi. Padahal, tanpa sadar, kebiasaan tersebut dapat menambah berat badan dan berujung pada obesitas.

Ngemil memang penting sebagai pengisi waktu luang, tapi Anda juga harus memperhatikan pilihan camilan yang akan Anda makan. Sebaiknya pilihlah snack sehat yang memiliki kandungan lemak yang rendah, banyak air, dan serat.

Adapun beberapa pilihan snack rendah kalori yang bisa Anda konsumsi saat sedang beraktivitas di kantor, antara lain:

Kentang panggang

Ilustrasi bahan kentang (Freepik/stokking)

Kalori makanan yang digoreng (apalagi dengan minyak yang banyak) biasanya lebih tinggi daripada makanan yang dipanggang.

Itulah mengapa, kentang panggang menjadi pilihan snack rendah kalori yang baik daripada kentang goreng. Kentang panggang dengan ukuran sedang, setidaknya memiliki kandungan sebanyak 161 kalori.

Anda bisa kenyang lebih lama jika memilih mengonsumsi kentang panggang. Hal ini dikarenakan kentang panggang mengandung pati, sejenis karbohidrat kompleks yang dapat memasok simpanan energi di dalam tubuh.

Selain itu, dalam kentang juga terdapat asam folat dan vitamin C. Vitamin C berguna sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel terhadap kerusakan karena radikal bebas.

Seperti halnya asam folat, kandungan vitamin C juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

Popcorn

Ilustrasi Popcorn (Foto: Pixabay)

Popcorn merupakan salah satu pilihan camilan rendah kalori yang dapat dinikmati dengan mudah oleh banyak orang. Camilan sehat yang biasanya menjadi santapan Anda saat nonton ini memiliki kandungan serat dan dapat mengenyangkan Anda lebih lama.

Dalam satu mangkuk kecil popcorn terdapat kandungan 30,6 kalori dan sedikit lemak jenuh. Popcorn mempunyai kandungan yang kaya dengan polifenol. Komponen ini akan membuat sirkulasi darah Anda lebih lancar, melancarkan pencernaan, dan memperkecil risiko kanker.

Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil keripik kentang (448 kalori), mulai sekarang gantilah dengan popcorn.

Greek yogurt

Camilan sehat ini juga sama-sama memiliki kandungan kalori yang rendah. Dalam setiap 150 gramnya, greek yogurt mengandung sekitar 130 kalori dan 11 gram protein.

Karena kandungan protein yang ada di dalamnya, greek yogurt dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Kandungan bakteri baik yang terdapat dalam yogurt ini juga dapat membuat sistem pencernaan Anda lebih lancar.

Sebuah penelitian menyimpulkan, kandungan probiotik pada yogurt juga memberikan kontribusi untuk meringankan gejala depresi, kecemasan, dan stres. Itu sebabnya, snack rendah kalori ini sangat tepat Anda konsumsi di kantor.

Edamame

Ilustrasi buah rendah kalori (Freepik/KamranAydinov)

Edamame lebih dikenal dengan kacang kedelai muda. Setengah cangkir edamame memiliki kandungan 8 gram protein dan 4 gram serat. Snack rendah kalori ini dapat dijadikan camilan rendah kalori yang sehat untuk menemani Anda bekerja di kantor.

Jika migrain menyerang ketika Anda bekerja, sebaiknya langsung saja konsumsi edamame. Sebab kandungan kalsium dan magnesiumnya juga dapat mengatasi migrain. Selain itu, kandungan zat besi dalam edamame berpotensi meningkatkan energi Anda.

Keripik buah

Keripik buah juga bisa dijadikan salah satu pilihan camilan rendah kalori. Buah mengandung serat dan karbohidrat, serta bermanfaat sebagai antioksidan.

Nah, kandungan serat yang tinggi dalam keripik buah menjadikan camilan ini ampuh untuk menunda lapar. Adapun antioksidannya, terutama polifenol, dapat menangkal penyakit dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada banyak jenis keripik buah yang dapat Anda nikmati, contohnya keripik pisang serta keripik kelapa. Namun, untuk mencegah kalori yang berlebih, Anda dapat memilih keripik buah yang diproses secara lebih alami.

Demikianlah beberapa referensi camilan rendah kalori yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : camilan Kalori
Rekomendasi