Macam-Macam Lesung Pipi dan Beberapa Faktor Pembentuknya

| 08 Jan 2023 10:22
Macam-Macam Lesung Pipi dan Beberapa Faktor Pembentuknya
Macam macam lesung pipi (Unsplash)

ERA.id - Lesung pipi berupa tanda pada kulit yang terlihat seperti lingkaran merah atau kemerahan di sekitar pipi. Perlu Anda ketahui, terdapat macam macam lesung pipi yang ada, apa saja?

Lesung pipi terjadi karena lekukan-lekukan kecil pada daging dan bersifat langka. Selain itu, banyak orang yang sering bertanya-tanya tentang bagaimana lesung pipi ini terbentuk, mengapa tidak semua orang memilikinya, dan jenis-jenis lesung pipi yang berbeda pada kulit.

Lesung Pipi Keturunan atau Cacat Genetik?

Ada berbagai jenis lesung pipi yang terjadi di berbagai tempat pada tubuh manusia seperti pipi, dagu, dan punggung bawah. Apakah lesung pipi merupakan keturunan?

Lesung Pipi Keturunan atau Cacat Genetik? (Unsplash)

Meskipun sering dikatakan bahwa lesung pipi adalah sifat genetik, namun secara spesifik bagaimana lesung pipi diturunkan dari orang tua ke anak masih belum tepat. Mengapa demikian?

Meskipun beberapa individu dengan titik-titik lucu di pipi akan melahirkan anak-anak dengan lesung pipi, tidak semua orang yang menikah dengan orang berlesung pipi dapat memiliki anak dengan sifat tersebut.

Sebagai tambahan, beberapa individu mungkin memiliki tanda kecantikan ini sepanjang hidup mereka, sementara untuk beberapa orang, lekukannya bisa berubah seiring waktu.

Beberapa balita dapat memiliki lesung pipi dan tidak memilikinya saat dewasa, sementara yang lain mungkin tidak memiliki lesung pipi saat anak-anak tetapi kemudian akan mengembangkannya di kemudian hari.

Maka dengan demikian, lesung pipi dianggap sebagai sifat dominan yang tidak teratur, yang menyiratkan bahwa lesung pipi sering tetapi tidak selalu merupakan fitur dominan yang diwariskan.

Macam-Macam Lesung Pipi

Jenis-jenis lesung pipi wajah ada dua jenis yang meliputi lesung pipi dan dagu. Meskipun kedua lesung pipi ini terbentuk secara berbeda, namun keduanya menjadi lebih jelas ketika seseorang tersenyum.

  1. Lesung pipi satu sisi

Beberapa orang memiliki lekukan lucu ini hanya pada satu sisi pipi mereka. Lekukan kecil pada satu pipi dipercaya dapat menonjolkan fitur wajah, meningkatkan daya tarik mereka. Diperkirakan bahwa lesung pipi satu sisi membuat seseorang tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

  1. Lesung pipi di kedua pipi

    Lesung pipi kedua sisi (Unsplash)

Dua lekukan lucu pada setiap sisi pipi juga merupakan fitur langka. Selain fakta bahwa lesung pipi ini menyoroti fitur, tampilan, dan ekspresi individu, lesung pipi ini juga memberi senyuman yang menonjol. Karena hal ini, kebanyakan orang menganggap individu dengan lesung pipi sebagai orang yang mudah didekati.

  1. Lekukan dagu yang indah

Titik kecil yang lucu pada dagu, juga dikenal sebagai dagu sumbing, adalah titik kecil atau celah dengan bentuk Y yang ditemukan di tengah dagu seseorang. Ini juga bisa menjadi lesung pipi samping di salah satu ujungnya.

Lesung pipi dagu adalah hasil dari celah yang mendasari tulang rahang. Diyakini bahwa lesung pipi terbentuk karena kesalahan dalam perkembangan janin di mana ujung kiri dan kanan dagu gagal menyatu dengan tepat di dalam rahim.

Meskipun dagu berlesung pipit umum terjadi pada pria, beberapa wanita juga memiliki sifat tersebut. Sifat ini terlihat luar biasa pada individu dengan potongan wajah yang panjang.

  1. Lesung pipi sudut mulut

Ada lesung pipi wajah lain yang juga langka. Disebut sebagai fovea mentalis dan ditemukan pada bagian bawah mulut. Lesung pipi jenis ini bisa terjadi di bagian bawah pada satu sisi atau dua sisi sudut mulut.

  1. Lesung pipi di punggung bawah

Bahkan dengan semua jenis lesung pipi yang berbeda yang ada di wajah juga bisa  terjadi di beberapa bagian tubuh. Beberapa orang memiliki lesung pipi di punggung bawah mereka.

Lesung pipi punggung bawah, juga dikenal sebagai lesung pipi Venus, terbentuk karena otot pendek yang meregang di antara lilac spin superior posterior dan kulit. Demikian pula, seperti semua jenis titik-titik lucu pada daging ini, lesung pipi punggung bawah juga diwariskan meskipun tidak selalu.

Selain macam macam lesung pipi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi