Teknik Menyikat Gigi yang Benar, Ayo Koreksi Jika Masih Salah

| 08 Jan 2023 08:08
Teknik Menyikat Gigi yang Benar, Ayo Koreksi Jika Masih Salah
Teknik menyikat gigi (Unsplash)

ERA.id - Menyikat gigi adalah bagian penting dari rutinitas perawatan gigi Anda. Namun perlu diketahui terdapat beberapa teknik menyikat gigi agar memberikan hasil yang maksimal bagi kesehatan mulut Anda.

Sikat gigi Anda sebaiknya dua kali sehari dengan sikat berbulu lembut. Ukuran dan bentuk sikat Anda harus sesuai dengan mulut Anda sehingga Anda dapat menjangkau semua area dengan mudah.

Selain itu, mouthhealthy.org juga merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan sekali atau setiao bulu sikatnya berjumbai. Sikat gigi yang sudah usang tidak akan melakukan pekerjaan yang baik untuk membersihkan gigi Anda.

Pastikan juga untuk menggunakan pasta gigi berfluoride yang baik.

Cara dan Teknik Menyikat Gigi

Temui dokter gigi secara rutin (Unsplash)

Teknik menyikat gigi yang tepat adalah dengan langkah-langkah berikut ini:

●        Tempatkan sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat ke gusi.

●        Gerakkan sikat secara lembut maju mundur dalam sapuan pendek (selebar gigi).

●        Sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan kunyah gigi.

●        Untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa sapuan ke atas dan ke bawah.

Tentu saja, menyikat gigi hanyalah bagian dari rutinitas perawatan gigi. Jika Anda sudah mengetahui cara menyikat gigi yang benar, maka penting juga untuk memastikan beberapa hal berikut:

●        Bersihkan sela-sela gigi setiap hari sekali sehari. Bakteri penyebab pembusukan gigi masih berada di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau bulu sikat gigi. Ini membantu menghilangkan plak dan partikel makanan dari sela-sela gigi dan di bawah garis gusi.

●        Makan makanan seimbang dan membatasi minuman manis dan makanan ringan.

●        Temui dokter gigi Anda secara teratur untuk pencegahan dan pengobatan penyakit mulut.

Apa itu Teknik menyikat gigi Stillman?

Teknik menyikat gigi Stillman adalah salah satu metode menyikat gigi yang dikembangkan oleh Dr. Robert W. Stillman, seorang dokter gigi asal Amerika Serikat. Teknik ini menekankan pada gerakan menyikat gigi yang melingkar dan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar teknik menyikat gigi Stillman:

●        Basuh sikat gigi anda dengan air hangat.

●        Aplikasikan pasta gigi pada sikat gigi anda.

●        Mulailah menyikat gigi anda dengan gerakan melingkar dari arah bawah ke atas. Usahakan untuk tidak menggunakan tekanan yang terlalu besar saat menyikat.

●        Ulangi gerakan ini untuk setiap gigi. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian belakang gigi anda dengan gerakan yang sama.

●        Bersihkan juga bagian gusi anda dengan gerakan melingkar.

●        Setelah selesai menyikat, bersihkan sikat gigi anda dengan air dan simpan di tempat yang kering.

Teknik menyikat gigi Stillman dianggap lebih lembut dan aman bagi gigi dan gusi dibandingkan dengan teknik menyikat gigi yang lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa teknik menyikat gigi yang tepat untuk seseorang mungkin berbeda-beda tergantung pada kondisi gigi dan mulut mereka.

Sebagai alternatif, anda juga dapat mencoba teknik menyikat gigi Bass atau teknik menyikat gigi Fones yang juga merupakan metode menyikat gigi yang efektif.

Selain teknik menyikat gigi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi