Percepat Pemulihan, Ini 6 Pantangan setelah Operasi Angkat Rahim

| 02 Feb 2023 14:02
Percepat Pemulihan, Ini 6 Pantangan setelah Operasi Angkat Rahim
Ilustrasi dokter di ruang operasi (freepik)

ERA.id - Seseorang yang baru saja menjalani operasi angkat rahim (histeroktomi) butuh istirahat beberapa waktu untuk pemulihan. Ada beberapa pantangan setelah operasi angkat rahim agar pemulihan berjalan dengan optimal.

Secara umum, perempuan yang baru saja menjalani operasi angkat rahim butuh waktu kurang lebih 6 minggu untuk bisa kembali beraktivitas secara normal. Selama waktu tersebut, sebaiknya beberapa hal perlu diperhatikan. Dikutip Era dari hellosehat, berikut adalah berbagai pantangan orang yang baru saja operasi angkat rahim.

Berbagai Pantangan setelah Operasi Angkat Rahim

1. Mengangkat beban berat

Pascaoperasi angkat rahim, jaringan dan otot yang ada di sekitar perut dan rahim butuh waktu untuk pemulihan. Mengangkat beban yang berat bisa menghambat proses pemulihan tersebut.

Anda tidak boleh mengangkat beban berat selama 6 hingga 8 minggu setelah operasi angkat rahim.

2. Aktivitas berat

Ilustrasi jalan santai sebagai salah satu contoh olahraga ringan (freepik)

Tak hanya mengangkat beban berat, orang yang baru saja melakukan operasi angkat rahim dilarang melakukan aktivitas yang berat. Anda disarankan untuk lebih banyak beristirahat di rumah. Tubuh biasanya akan kembali pulih dalam waktu 4 hingga 6 minggu.

Meski demikian, hal tersebut juga tergantung kondisi tubuh. Pantangan ini bisa berbeda-beda bagi tiap pasien. Namun, pantangan yang pasti adalah adalah olahraga berat. Anda masih boleh melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan santai agar tubuh tetap bergerak aktif.

3. Berhubungan seksual

Dilansir Healthline, pasien operasi angkat rahim baru boleh berhubungan badan setelah sekitar 6 minggu setelah operasi. Hal tersebut demi menghindari perdarahan.

Selain itu, hormon reproduksi orang yang baru saja melakukan operasi angkat rahim biasanya sedikit terganggu. Hormon akan kembali normal setelah beberapa waktu.

Hal lain yang mungkin dialami oleh orang yang baru saja melakukan operasi angkat rahim adalah vagina kering atau hilangnya libido. Gairah seksual akan kembali datang setelah kembali pulih.

4. Stres

Hal lain yang perlu dihindari adalah banyak beban pikiran dan stres. Menghilangkan stres setelah operasi, termasuk histerektomi, memang tidak mudah karena kadang stres tersebut berasal dari operasi itu sendiri.

Meski demikian, Anda perlu menjaga diri agar tidak terserang stres. Salah satu caranya adalah mengingat lagi akibat yang bisa ditimbulkan jika operasi angkat rahim tersebut tidak dilakukan. Bisa jadi, kondisi kesehatan Anda semakin buruk jika Anda tidak menjalankan operasi.

Selain itu, lakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu bersama pasangan agar lebih bahagia dan kualitas hubungan juga semakin baik.

5. Makan sembarangan

Sembelit merupakan salah satu hal yang cukup sering dikeluhkan oleh orang yang baru saja melakukan operasi angkat rahim. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh pola makan yang tidak baik.

Sebaiknya, Anda memperbanyak asupan serat untuk menghindari masalah pencernaan yang muncul pascaoperasi angkat rahim. Makanan lain yang sebaiknya dikonsumsi setelah operasi angkat rahim adalah makanan yang mengandung protein tinggi, tetapi hindari yang mengandung lemak tinggi.

Protein sangat dibutuhkan untuk membuat jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang rusak setelah melakukan operasi angkat rahim. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dulu adalah makanan tinggi lemak, kacang-kacangan, buncis, brokoli, kubis, dan makanan yang terlalu pedas.

6. Kurang minum

Sembelit bisa menjadi semakin parah jika Anda kekurangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh sampai kekurangan minum air putih. Pastikan kebutuhan air setiap hari terpenuhi.

Itulah beberapa pantangan setelah operasi angkat rahim. Menghindari hal-hal yang dilarang bisa membuat proses pemulihan berlangsung dengan baik dan cepat. 

Rekomendasi